Jumat, 19 Juli 2019 | 06:41 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Kereta Api
Jumat, 23 Desember 2016 18:21

Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya Butuh Rp80 Triliun, Pemerintah Ajak Swasta

Translog Today
(PT KAI)

JAKARTA - Proyek kereta api semicepat Jakarta-Surabaya yang digagas pemerintah dengan menggandeng Jepang diperkirakan menelan investasi Rp80 triliun, lebih rendah dari angka yang disodorkan Jepang sekitar Rp102 triliun.

"Untuk biaya, terus terang kami ingin ikut DED (detail engineering design). Angka dari pemerintah Jepang kira-kira Rp102 triliun. Kami lihat angka itu mungkin bisa kurang dari Rp80 triliun, tapi tetap nilainya memang sangat besar," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dalam jumpa pers,Jumat (23/12).

Menurut dia, nilai itu diperoleh dari kajian awal proyek yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Karena investasinya sangat besar, kata Luhut, pemerintah memutuskan skema pendanaan melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha atau public private partnership (PPP).

Skema itu diusulkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, mengingat jalur kereta merupakan aset negara yang harus dikelola pemerintah berdasarkan UU Perekeretaapian.

Kereta semicepat Jakarta-Surabaya akan menggunakan jalur yang sudah ada dengan melakukan revitalisasi. Kereta dirancang memiliki kecepatan 160 km per jam menggunakan tenaga listrik, sehingga perjalanan antara kedua kota besar itu bisa ditempuh dalam 5 jam.

Luhut menilai penggunaan sistem tenaga listrik merupakan peningkatan teknologi sebab kereta jarak jauh lainnya saat ini masih menggunakan diesel.

Meski proyek itu sejak awal sudah ditawarkan kepada Jepang, namun Luhut mengatakan pemerintah akan mempertimbangkan penawaran yang lebih baik.

"Tentu mereka (Jepang) punya hak karena terlibat dalam uji kelayakan. Kami mencari yang termurah, terbaik, tercepat. Tapi tentu ada keseimbangan," ujarnya. Dia memperkirakan harga tiket kereta semicepat itu Rp500.000-Rp600.000. (hlz/hlz)


Komentar