Jumat, 15 Desember 2017 | 03:47 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Karantina
Rabu, 28 Desember 2016 20:34

Pelindo III Terapkan Karantina Online di TPS Tanjung Perak

Translog Today

SURABAYA - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) Tanjung Perak, anak perusahaan PT Pelindo III, akan menerapkan sistem karantina online untuk operasional petikemas mulai 2017.

Kepala Humas TPS Solech mengatakan penerapan karantina online agar penyajian data lebih optimal, presisi dan terintegrasi, baik antara TPS dengan pengguna jasa karantina (PPJK), Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL), eksportir, importir, maupun pihak terkait lainnya.

Melalui sistem itu, menurut Solech, urusan karantina akan lebih mudah dan cepat, sebab ada perbedaan prosedur pelayanan dokumen sebelum dan sesudah online, seperti prosedur gate in dan get out impor, serta prosedur penerbitan billing untuk kegiatan karatina.

"Kami mulai menyosialisasi karantina online ini, menyampaikan hal-hal yang harus diperhatikan terkait dengan sistem tersebut, seperti status flag karantina," katanya, Rabu (28/12).

Beberapa prosedur penanganan yang berubah, antara lain pengesahan stempel karantina sebagai penanda bagi pelayanan dokumen akan dihapus/ditiadakan.

Selain itu, pengesahan stempel Behandle Karantina sebagai penanda bagi pelayanan dokumen Behandle Karantina (BHKI) juga dihapus, dan beberapa kegiatan lainnya akan dipangkas untuk memperlancar proses.

Menurut dia, selama ini pengguna jasa mengeluhkan waktu operasional dari karantina yang belum 24 jam. "Oleh karena itu akan kami benahi dengan adanya sistem online ini," kata Solech. (hlz/hlz)


Komentar