Minggu, 16 Desember 2018 | 03:10 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Angkutan Darat
Jumat, 30 Desember 2016 14:35

Angkutan Lebih dari 2 Sumbu ke Bandung Dilarang Lewat Tol Purbaleunyi

Translog Today

JAKARTA - Angkutan barang lebih dari dua sumbu tujuan Bandung mulai Jumat (30/12) pukul 10.00 WIB dilarang melewati Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) mulai dari KM 65 hingga KM 116, sehubungan adanya perbaikan jembatan Cisomang.

Kendaraan berat itu, untuk sementara, dialihkan ke Tol Cikampek kemudian keluar di Gerbang Tol Cikopo menuju Jalan Nasional Sadang-Purwakarta, kemudian masuk Gerbang Tol Padalarang (KM 121).

Adapun, untuk mobil barang dua sumbu dan bus dapat melewati Tol Purbaleunyi keluar Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84), menuju Jalan Nasional Sadang-Purwakarta, kemudian masuk Gerbang Tol Padalarang (KM 121).

Pengaturan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KP 894 Tahun 2016 tentang Pengaturan Operasional Kendaraan Bermotor di Jalan Tol Purbaleunyi serta Pengaturan Operasional Kendaraan Angkutan Barang Pada Masa Liburan Tahun Baru 2017. Kepmenhub ditandatangani oleh Menhub Budi Karya Sumadi pada 29 Desember 2017.

Dari arah Bandung, mobil barang dua sumbu atau lebih melewati Jalan Tol Purbaleunyi dan keluar di Gerbang Tol Cikamuning (KM 116) menuju jalan arteri Padalarang-Purwakarta. Kendaraan dapat masuk lagi melalui Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84) menuju Tol Pubaleunyi-Cikampek-Jakarta.

Kepmenhub itu juga menyebutkan, Polri dapat melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas melalui pembatasan pengoperasian kendaraan angkutan barang lebih dari dua sumbu, kecuali angkutan BBM dan BBG.

Pembatasan ini untuk mendukung kelancaran lalu lintas di Tol Purbaleunyi dan Jalan Nasional Sadang-Purwakarta-Padalarang serta masa liburan Tahun Baru 2017, mulai 30 Desember 2016 pukul 10.00 WIB sampai dengan 2 Januari pukul 24.00 WIB, di ruas jalan tol:

1. Cawang,Jakarta-Cileunyi (Cawang-Dawuan-Purbaleunyi):

2. Cawang, Jakarta-Brebes Timur (Cawang-Cikarang Utama-Cikopo-Palimanan-Pejagan-Brebes Timur);

3. Cawang, Jakarta-Bogor-Ciawi; dan

4. Khusus angkutan BBM dan BBG yang melintasi Tol Purbaleunyi mengikuti ketentuan di atas.(Kemenhub)
(hlz/hlz)


Komentar