Selasa, 22 Oktober 2019 | 21:42 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelayaran
Senin, 02 Januari 2017 16:34

Menhub Tunjuk Pelni dan ASDP Gantikan Kapal Rakyat ke Kepulauan Seribu

Translog Today
Kapal rakyat

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menunjuk PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan PT ASDP Indonesia Ferry untuk melayani penumpang dari Pelabuhan Muara Angke ke Kepulauan Seribu, Jakarta.

"Kami akan tingkatkan pelayanan (kapal rakyat) dengan menunjuk Pelni dan ASDP menggantikan kapal rakyat," katanya seusai menjenguk korban kebakaran Kapal Motor Zahro Express di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Senin (2/1).

Menhub telah berkoordinasi dan meminta Pelni menyubstitusi kekurangan pelayanan dari kapal rakyat dalam tiga hari ke depan. Dia menilai kedua BUMN itu dapat diandalkan dan akan memberikan pelayanan yang jauh lebih baik.

Selain itu, tuturnya, Kemenhub segera mengecek kapal-kapal yang beroperasi di Muara Angke dalam waktu dekat. Kapal yang dinyatakan aman akan diberikan kesempatan melayani penumpang, tetapi yang tidak sesuai standar akan dilarang.

"Kapal rakyat harus meningkatkan pelayanan yang bersifat keamanan dan kenyamanan. Kami nilai, kapal rakyat yang punya kualifikasi baru diperbolehkan berlayar," tegas Menhub.

Tindakan tegas itu menyusul tragedi KM Zahro Express pada Minggu (1/1) pukul 09.00 WIB di perairan Kepulauan Seribu. Kapal yang mengangkut 184 penumpang itu terbakar, menyebabkan 23 orang tewas dan 22 orang luka-luka. (hlz/hlz)


Komentar