Jumat, 15 Desember 2017 | 03:48 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Logistik / Supply Chain
Rabu, 04 Januari 2017 20:35

Paket Kebijakan Ekonomi XV soal Logistik Siap Digulirkan

Translog Today
(setkab)

BOGOR - Pemerintah menyiapkan Paket Kebijakan Ekonomi XV yang akan mengatur sektor logistik, termasuk upaya menurunkan waktu tunggu barang keluar dari pelabuhan (dwelling time) menjadi hanya 2 hari.

"Sebulan ini kami akan siapkan dan terbitkan Paket Kebijakan Ekonomi XV, yaitu mengenai logistik bersama-sama dengan INSW atau Indonesia National Single Window," kata Menko Perekonomian Darmin Nasution seusai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (4/1).

Darmin menyebutkan INSW merupakan bagian dari persoalan logistik, termasuk di dalamnya soal dwelling time. "Dwelling time itu bagian administrasi dan prosedurnya berada di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian, sementara bagian infrastrukturnya di dikoordinasikan Kemenko Kemaritman," ujarnya.

Kemenko Perekonomian dan Kemenko Kemaritiman akan bekerja sama menurunkan lagi dwelling time yang saat ini sekitar 2,9 hari menjadi 2 hari sesuai permintaan Presiden Joko Widodo.

Menurut Darmin, perekonomian Indonesia saat ini masih terkendala oleh masalah logistik yang belum efisien. Paket kebijakan diharapkan dapat membenahi masalah itu, antara lain melalui portal INSW dan penurunan dwelling time. (hlz/hlz)


Komentar