Senin, 24 September 2018 | 10:18 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Teknologi
Kamis, 19 Januari 2017 09:13

BPPT Rampungkan Desain Standar Kapal 100 TEUs untuk Tol Laut

Translog Today
Kapal Tol Laut (ilustrasi) (Pelindo III)

JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merampungkan desain standar kapal 100 TEUs yang akan dikembangkan untuk mendukung program Tol Laut.

Kapal itu dirancang khusus BPPT berdasarkan perjanjian kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Menurut Direktur Pengkajian Rekayasa Teknologi Maritim BPPT Wahyu, kapal 100 TEUs paling cocok digunakan untuk pelayaran antarpulau dan dapat berlayar masuk hingga ke sungai-sungai besar di Indonesia.

"Desain kapal standar diperlukan untuk mempermudah pengembangan industri perkapalan di dalam negeri. Kita ingin meniru China dan Tiawan yang berkembang pesat karena menerapkan desain standar kapal yang sama di dalam negeri mereka," katanya, Kamis (19/1).

Pada 1995, menurut Wahyu, posisi produksi perkapalan China masih sama dengan Indonesia, yakni di bawah angka 1% produksi dunia, tetapi sekarang posisi China nomor satu dunia.

Desain standar kapal 100 TEUs juga diharapkan mampu menaikkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam produksi perkapalan yang saat ini masih mengandalkan 60%-70% komponen impor.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, kapasitas industri galangan kapal nasional saat ini baru mencapai 1 juta dead weight tonnage (DWT) per tahun untuk bangunan baru dan 12 juta DWT per tahun untuk reparasi kapal. Padahal, Vietnam sudah mencapai 2 juta DWT dan Filipina mencapai 7 DWT per tahun. (hlz/hlz)


Komentar