Jumat, 19 Juli 2019 | 06:54 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Kereta Api
Senin, 30 Januari 2017 10:41

Dukung Kereta Api, PUPR Bangun Overpass Perlintasan Sebidang

Translog Today
(Repro)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun overpass perlintasan sebidang kereta api di empat lokasi yang berada setelah pintu keluar tol Brebes Timur ke arah jalur selatan Jawa.

Overpass tersebut menggunakan teknologi sejenis dengan overpass Pelangi Antapani, yakni Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP).

"Empat overpass yang tengah dibangun pada tahun 2017 ini di Kabupaten Brebes adalah di Dermoleng dan Kretek, serta di Kabupaten Tegal yaitu di Klonengan dan Kesambi," ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pekan lalu.

Pembangunan overpass pada perlintasan sebidang rel kereta, kata Basuki, diharapkan memperlancar arus orang dan logistik berbasis kereta rel, sehingga kecepatan rata-rata kereta akan meningkat dari semula 75 km/jam menjadi 150 km/jam.

Berdasarkan hasil survei Pemerintah Indonesia dan Jepang, terdapat 988 perlintasan sebidang pada jalur kereta api Jakarta-Surabaya. "Pembangunan overpass akan menjadi bagian tidak terpisahkan dari modernisasi kereta cepat Jakarta-Surabaya," jelas Basuki.

Untuk mengurangi kerusakan jalan nasional yang diakibatkan oleh lalu lintas kendaraan dengan beban berlebih, dia mengatakan perlu pengefektifan kembali Jembatan Timbang.

Untuk itu, Kementerian PUPR akan bekerja sama secara intensif dengan Kementerian Perhubungan. "Keberadaan jembatan timbang seyogyanya bukan merupakan instrumen pendapatan asli daerah," ujar Basuki.
(hlz/hlz)


Komentar