Jumat, 27 April 2018 | 10:04 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Teknologi
Kamis, 02 Februari 2017 07:09

Aplikasi Ini Mudahkan Mencari Lokasi Parkir Secara Real Time

Translog Today

BEKASI - Operator parkir PT Pan Satria Sakti meluncurkan aplikasi parkir jukir.co di Kawasan Bekasi, Jawa Barat. Aplikasi berbasis real time ini diharapkan mampu mengefektifkan sistem parkir, tanpa perlu berlama-lama mencari lokasi parkir.

Direktur Utama Pan Satria Sakti Budi Hartono mengatakan aplikasi tersebut terintegrasi dengan sistem yang ada di pemerintah daerah sehingga bisa dipantau secara langsung sebagai retribusi daerah.

"Jadi sistemnya terintegrasi dengan pemerintah daerah, karena retribusi parkir itu 30% masuk ke kas daerah," katanya saat peluncuran jukir.co di Bekasi, Rabu (1/2).

Dia menyebutkan jukir.co lebih memudahkan dari sisi transaksi dibanding sistem parkir elektronik maupun konvensional yang ada saat ini. Operator parkir yang pernah menangani perparkiran di PT KAI ini mengandalkan aplikasi sederhana dari ponsel cerdas.

Selanjutnya, aplikasi akan terhubung dengan juru parkir. "Jadi aplikasinya sederhana. Setelah diunggah, aplikasinya akan terhubungan dengan juru parkir kami yang mobile setiap saat," jelasnya.

Saat ini, Pan Satria telah merekrut sekitar 200 juru parkir di wilayah Bekasi. Untuk tahap awal, pihaknya baru merekrut 200 juru parkir. "Selanjutnya, setelah berkembang dan banyak diunggah kami akan kembangkan terus ke kota lain seperti Tangerang dan Jakarta," ungkap dia.

Aplikasi ini memungkinkan pengendara memantau kondisi real time di lokasi parkir tanpa harus bergerak mencari lokasi parkir yang kosong.

Selanjutnya, petugas parkir akan melakukan pemasangan code pada ponsel pemilik mobil. Pada 2015 lalu, Pan Satria Sakti mengalokasikan investasi Rp3 miliar untuk mengelola sistem parkir kendaraan secara elektronik di wilayah Bekasi.(ios) (hlz/hlz)


Komentar