Minggu, 18 November 2018 | 01:13 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 02 Februari 2017 15:25

Pelindo IV Kebut Proyek Makassar New Port

Translog Today
(repro)

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menggenjot pembangunan proyek Makassar New Port (MNP) tahap I, yang menelan investasi Rp1,8 triliun dan ditargetkan beroperasi mulai triwulan ketiga 2018.

Sekretaris Perusahaan Pelindo IV Baharuddin M. menyatakan sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dalam proses pembangunan pelabuhan baru Makassar tersebut.

"Kami [Pelindo IV] tetap mengebut pengerjaan proyek MNP, agar selesai sesuai waktu yang ditetapkan," katanya seperti dikutip dari laman resmi Pelindo IV, Kamis (2/2).

Proyek itu sempat diberitakan terhambat akibat ditemukan ranjau peninggalan Perang Dunia (PD) II di area proyek. Meski demikian, kata Baharuddin, kontraktor tetap mengerjakan tahap atau bagian pekerjaan yang lainnya sehingga tidak ada proses pekerjaan yang terhenti.

"Wilayah yang terdapat ranjau peninggalan PD II itu nantinya menjadi daerah perairan dan kemungkinan juga akan direklamasi. Tetapi itu [ranjau PD II] tidak menghambat proses pengerjaan proyek karena sementara ranjau dibersihkan, bagian proyek yang lainnya tetap dikerjakan. Jadi tidak menghambat," ujarnya.

Per Oktober lalu, BUMN kepelabuhanan ini sudah melakukan proses pekerjaan proyek MNP untuk Paket B dan C dengan pagu anggaran masing-masing Rp1,06 triliun dan Rp228 miliar.

Hingga awal tahun ini, progress konstruksi pembangunan pelabuhan baru Makassar masing-masing paket A 32,73%, paket B 2,91% dan paket C 9,96%.

Adapun, kegiatan proyek MNP Paket B meliputi reklamasi seluas kurang lebih 13 hektare, causeway kurang lebih 1.276 meter, lapangan peti kemas sekitar lebih 16 hektare dan pengerukan kolam pelabuhan minimal draft -16,0 mLWS. Paket C berupa pembangunan breakwater sepanjang 1.310 meter.

Proyek ini sengaja dibangun secara paket agar dapat dilakukan serentak, sehingga penyelesaiannya lebih cepat dan dilakukan secara terus menerus. Proyek MNP tahap I ditargetkan selesai pada triwulan II/2018.

Total investasi untuk tahap I A sebesar Rp326 miliar, paket I B menyerap anggaran Rp1,06 triliun, sedangkan untuk paket I C mencapai Rp228 miliar.

Tahun lalu, Pelindo IV juga telah mengebut paket I A yang terdiri dari pekerjaan pembangunan akses jalan, dermaga dan lapangan penumpukan petikemas.

Secara keseluruhan, tahap I direncanakan memiliki kapasitas terpasang mencapai 1,5 juta TEUs sedangkan tahap II akan memiliki kapasitas hingga 2 juta TEUs. (hlz/hlz)


Komentar