Kamis, 14 November 2019 | 02:37 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Kamis, 09 Februari 2017 16:58

Jokowi Resmikan Roro, Galangan Pembangun Turut Bangga

Hery Lazuardi
Presiden Joko Widodo (istimewa)

JAKARTA - PT Daya Radar Utama turut berbangga setelah dua kapal yang dibangun oleh galangan kapal nasional atas pesanan Kementerian Perhubungan tersebut, pada hari ini, Kamis (9/2) diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon.

Humas PT Daya Radar Utama Tularji Adji mengatakan sebagai galangan pembangun, pihaknya bersyukur telah diberi kepercayaan untuk mendukung program kemaritiman nasional yang saat ini sedang digalakkan oleh Pemerintah melalui program Tol Laut maupun Poros Maritim.

Dia menjelaskan kapal yang diresmikan Presiden merupakan kapal kebanggaan karena dibangun oleh putera-puteri Indonesia. "Kami bangga atas peresmian tersebut. Semoga kapal ini dapat dirawat dengan baik dan dapat beroperasi dengan baik," katanya singkat.

Kedua kapal yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (9/2). Kapal-kapal itu adalah KMP Tanjung Sole yang dibangun DRU unit Lampung dan KMP Lelemuku yang dibangun DRU unit Jakarta. Keduanya masing-masing memiliki bobot mati 500 gross tonnage (GT).

Website www.drushipyard.com menjelaskan DRU sebagai perusahaan galangan kapal nasional berbasis di Jakarta yang memiliki unit galangan yang tersebar di tiga tempat yakni di Tanjung Priok Jakarta, Lampung dan Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Sejumlah tipe dan jenis kapal yang pernah dibangun oleh galangan tersebut antara lain kapal Tanker, kapal Offshore atau penunjang operasi lepas pantai, Roro, Kapal Barang, Kapal Patroli, Tug Boat, hingga kapal penunjang alutsista.

Selain membangun kapal baru, DRU juga melaksanakan kegiatan perbaikan kapal. Untuk menunjang usaha perbaikan kapal, DRU memiliki fasilitas graving dock di unit Lampung yang mampu menerima kapal hingga 40.000 dead weight tonnage (DWT).

  (hlz/hlz)


Komentar