Jumat, 15 Desember 2017 | 03:38 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Travel
Jumat, 17 Februari 2017 08:07

Pengembangan Pariwisata Sumbar Terganjal Transportasi Udara

Translog Today
(repro)

PADANG - Pengembangan pariwisata di Sumbar masih terhambat kurangnya moda transportasi udara dari dan ke luar negeri, padahal Bandara Internasional Minangkau (BIM) di Padang, Sumatera Barat, sudah memenuhi standar untuk melayani penerbangan internasional.

Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesian (PHRI) Sumbar Abdullah Rudolf Smith mengatakan penerbangan internasional dari BIM sangat terbatas, yakni hanya dari ke ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Padahal, pangsa pasar pariwisata bagi Sumbar tidak hanya Malaysia. "Ada Singapura yang potensinya sangat menjanjikan, tetapi saat ini tidak ada penerbangan langsung ke negeri tersebut. Ini sangat disayangkan karena belum adanya minat serius dari penerbangan," katanya.

Sejauh ini, dari informasi yang diperolahnya, pelaku penerbangan dalam negeri masih cenderung wait and see untuk membuka penerbangan langsung Padang-Singapura. "Sebagian penerbangan dalam negeri juga masih melakukan kajian secara ekonomi dan bisnis."

Namun, katanya, jika ada keputusan politik dari Pemerintah, penerbangan Padang-Singapura akan bisa dibuka dengan mudah. "Karena itu, kami mengharapkan ada political support dari Pemerintah agar ada penerbangan langsung Padang-Singapura," tegasnya.

Rudolf menilai Singapura adalah hub internasional dimana banyak penerbangan-penerbangan dari Timur Tengah, Asia Timur dan Australia yang menjadikan Singapura sebagai hub. "Kalau ini bisa dibuka, arus turis ke Sumbar akan meningkat," tegasnya.

Provinsi Sumatera Barat baru saja meraih dua penghargaan dari The World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yakni kategori World's Best Halal Destination 2016 dan World's Best Halal Culinary Destination 2016.

Untuk agen perjalanan asal Sumbar, Ero Tour memenangkan satu kategori khusus, yaitu World's Best Halal Tour Operator 2016. Tentu, ini prestasi yang luar biasa, penuh perjuangan, bagi Sumatera Barat. (hlz/hlz)


Komentar