Rabu, 23 Januari 2019 | 11:48 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Bandara
Kamis, 23 Februari 2017 06:29

AP II Siapkan Tender Proyek Cargo Village di Soekarno-Hatta

Translog Today
(AP II)

JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) akan menggelar tender pengembangan kawasan khusus kargo (cargo village) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng senilai Rp2,2 triliun pada September 2017.

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan persiapan tender itu antara lain terlihat dari dimulainya pembangunan tempat parkir pesawat khusus kargo.

"Cargo village nanti dilengkapi apron atau tempat parkir sendiri. Saat ini sedang kami kerjakan. Setelah jadi, kita bangun cargo village-nya yang tendernya kita mulai per September tahun ini," katanya, Rabu (22/2).

Proyek kawasan khusus kargo ditargetkan rampung pada 2020 dengan kapasitas dua kali lipat atau 1,5 juta ton dari kapasitas kargo saat ini sekitar 700 ton.

"Kami berharap cargo village ini dapat memenuhi pertumbuhan arus barang yang terus meningkat setiap tahun, khususnya di Soekarno-Hatta, dalam 10 tahun ke depan. Dan kapasitas yang kami rencanakan sebesar 1,5 juta ton itu, bisa bertahan hingga 10 tahun ke depan," ujarnya.

Arus kargo udara melalui Bandara Soekarno-Hatta tercatat 614.821 ton sepanjang 2015, meningkat 7,37% dibandingkan dengan pencapaian pada 2011 sebesar 572.610 ton.

Keberadaan cargo village itu juga bakal mendukung Pusat Logistik Berikat (PLB), meskipun PLB di Soekarno-Hatta hanya melayani industri berteknologi tinggi, seperti perawatan pesawat.

Pasalnya, kargo consumer good tidak akan menutup biaya operasional mengingat biaya kargo bandara masih bersifat khusus. "Saya kira tidak cocok untuk barang konsumen karena kargo bandara berkebutuhan khusus," jelas Awaluddin. (hlz/hlz)


Komentar