Rabu, 20 November 2019 | 15:57 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Kamis, 02 Maret 2017 10:12

Iperindo Gelar Iperindo Fair 2017 di Jakarta dan Surabaya

Translog Today
translogtoday (translogtoday)

SURABAYA - Ikatan Perusahaan Industri Galangan Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) menggelar Iperindo Fair 2017 di dua tempat yakni di Jakarta pada 28 Februari 2017 dan di Surabaya, 2 Maret 2017.

Diantara materi Iperindo Fair 2017 adalah Sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan No. 71 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Perhubungan No. 51 Tahun 2011 Tentang Terminal Khusus Dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri.

Sosialisasi ini dimaksudkan agar para pengusaha di bidang industri galangan kapal di Indonesia dapat lebih memahami maksud Peraturan Menteri tersebut karena saat ini telah menjadi polemik di industri galangan kapal.

Acara diawali dengan presentasi produk dari industri penunjang industri galangan kapal yakni Intergraph yang menawarkan solusi teknologi software bagi galangan, Athira Marine Outfitting yang menawarkan produk-produk outfitting dan Trakindo yang menawarkan produk-produk alat beratnya bagi industri maritim.

"Di Iperindo Fair, kita dapat saling bertukar informasi dan wahana saling berkomunikasi dalam rangka mendukung kegiatan industri maritim, khususnya industri perkapalan," kata Wakil Ketua Iperindo Nyoman Sudiana saat membuka Iperindo Fair 2017.

Sudiana mengakui industri galangan kapal di Indonesia masih kalah bersaing dengan industri galangan kapal di luar negeri, terutama Jepang, Korea dan China.

Dia menyinggung soal proses pembuatan kapal dari mulai engineering, pengadaan dan produki yang hampir tidak ada kendala, kecuali di bidang pengadaan yang saat ini sebagian besar komponen kapal masih harus didatangkan dari luar negeri.

Menurut dia, hampir semua galangan saat ini berlomba-lomba untuk investasi dengan membeli berbagai peralatan penunjang galangan seperti mesin pemotong, alat angkut dan mesin-mesin pengelasan. (hlz/hlz)


Komentar