Sabtu, 20 Oktober 2018 | 10:49 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Angkutan Darat
Jumat, 21 April 2017 21:30

Wuling Motors Siap Rebut Pangsa Pasar Low-MPV di Indonesia

Translog Today
Brand Manager PT SGWM Indonesia Dian Asmahani (Translogtoday)

JAKARTA - Wuling Motors siap menjamah pasar Indonesia yang sudah lama dikuasai oleh pabrikan Jepang. Sebagai pemain baru, pabrikan otomotid asal Tiongkok ini menyiapkan strategi khusus untuk memikat konsumen domestik.

Di Indonesia, Wuling mengincar pasar mobil keluarga, khususnya segmen low multi-purpose vehicle (LMPV) atau mobil penumpang serbaguna murah. Ini sesuai dengan kekuatan raksasa otomotif Tiongkok ini yang terkenal dengan deretan model MPV terlarisnya.

"Produk yang kami keluarkan disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia," ujar Brand Manager PT SGWM Indonesia (Wuling Motors) Dian Asmahani dalam diskusi bertajuk Selamat Datang Wuling di Indonesia, yang digelar Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) di Jakarta, Jumat (21/4).

Dia menjelaskan, produk Wuling tersebut menyandang nama yang berbeda dari yang sudah ada, serta akan menggunakan sekitar 50% kandungan lokal.

Untuk mewujudkan rencana itu, ungkapnya, Wuling telah menggelontorkan dana US$700 juta, termasuk untuk membangun pabrik dan mempersiapkan 50 diler resmi di seluruh Indonesia.

Diler tersebut akan memastikan layanan purnajual produk Wuling, termasuk kesiapan bengkel perbaikan dan suku cadang. "Ini merupakan strategi Wuling untuk masalah purnajual yang selalu ditakutkan oleh pembeli Indonesia," ujarnya.

Pengamat otomotif Bebin Djuana menilai langkah Wuling sangat berani sebab sebagai pemain baru tentu akan menghadapi banyak tantangan, termasuk soal purnajual.

Dia memberikan contoh, sepeda motor asal Tiongkok yang sempat marak beberapa tahun lalu, kini hilang begitu saja akibat purnajual kurang terjamin. "Memang sulit, tetapi bukan tidak mungkin," ujar Bebin.

Dia menilai langkah Wuling menyasar pasar LMPV cukup tepat, meskipun harus melihat lebih jauh selera pasar.

"Pasar Indonesia mementingkan penampilan. Ini yang harus diperhatikan Wuling untuk memikat hati pembeli di Indonesia. Tampilan luar, dalam, dashboard, menjadi pertimbangan konsumen," ujarnya.

Menurut Dian, Wuling berencana meluncurkan LMPV pertamanya pada kuartal ketiga 2017. Namun, dia belum mau membeberkan soal harga dan model kendaraan. (ahda)
(hlz/hlz)


Komentar