Rabu, 20 November 2019 | 17:02 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Airport
Kamis, 27 April 2017 10:22

Terminal 3 Soekarno-Hatta Layani Penerbangan Internasional 1 Mei

Translog Today

JAKARTA - Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan melayani penerbangan internasional mulai 1 Mei 2017, diawali dengan pesawat Garuda Indonesia GA 824 rute Jakarta-Singapura yang dijadwalkan berangkat pada pukul 06.10 WIB.

GA 824 sekaligus menandakan perpindahan seluruh penerbangan internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3 mulai 1 Mei dari sebelumnya di Terminal 2.

Garuda Indonesia saat ini mengoperasikan sedikitnya 17 penerbangan internasional langsung dari Bandara Soekarno-Hatta ke sejumlah negara di Asia, Australia, dan Eropa.

Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Murjatmodjo mengatakan bangunan yang akan dioperasikan untuk penerbangan internasional ini baru sebatas main building atau bagian tengah, sementara untuk Pier 1 belum dioperasikan.

Oleh karena itu, tuturnya, gate yang dibuka untuk proses naik pesawat atau boarding baru enam, yakni Gate 5, 6, 7, 8, 9, dan 10.

"Kami menilai ini cukup karena baru Garuda Indonesia yang akan mengoperasikan penerbangan internasional di Terminal 3," ujar Djoko, Rabu (26/4).

Area keberangkatan Terminal 3 Internasional dapat dijangkau lebih dekat oleh penumpang melalui Gate 1 dan Gate 2 untuk kemudian memproses keberangkatan di konter check-in island A dan B.

Terminal 3 Internasional dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital, seperti layar flight information display system dengan teknologi mutakhir.

Terminal ini juga didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan sebagainya.

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, terdiri dari 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan.

Selain itu terdapat total 32 autogate imigrasi yang akan difungsikan mulai pertengahan Mei 2017, masing-masing 15 autogate di keberangkatan dan 17 autogate kedatangan.

Sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan 2 unit body scanner guna mendukung keamanan serta keselamatan di terminal dan pesawat.

Sejumlah gerai makanan, minuman dan lainnya juga sudah beroperasi untuk melayani kebutuhan penumpang pesawat ataupun pengunjung terminal.

Di sisi udara, parking stand di Terminal 3 Internasional dapat mengakomodasi tiga pesawat berbadan lebar sekelas Airbus A380.
(hlz/hlz)


Komentar