Jumat, 15 Desember 2017 | 03:40 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Teknologi
Kamis, 11 Mei 2017 11:37

Yara Birkeland, Kapal Petikemas Otonomos Tenaga Listrik Pertama di Dunia

Translog Today
Kapal Yara Birkeland (YARA)

JAKARTA - Perusahaan pupuk Yara International dan grup industri Kongsberg berkolaborasi mengembangkan kapal kemudi otomatis (otonomos) bertenaga listrik pertama di dunia, yang mereka namakan Yara Birkeland.

Kapal yang akan mengangkut pupuk dalam petikemas ini diklaim paling canggih di dunia, sebab tidak hanya berkemudi otomatis (otonomos) tetapi juga sepenuhnya digerakkan dengan tenaga listrik yang ramah lingkungan.

Kapal Yara Birkeland ini bakal mengurangi emisi NOx dan CO2, sekaligus meningkatkan keselamatan di jalan raya karena akan mengalihkan 40.000 perjalanan truk di wilayah perkotaan yang padat.

"Dengan kapal petikemas kemudi otomatis bertenaga baterei ini kami memindahkan transportasi dari darat ke laut. Dengan begitu akan mengurangi kebisingan dan emisi debu, meningkatkan keselamatan di jalan dan mengurangi emisi NOx dan CO2," kata Presiden dan CEO Yara Svein Tore Holsether dalam pernyataan resmi, Rabu (10/5).

Menurut dia, setiap hari lebih dari 100 perjalanan truk bertenaga diesel dibutuhkan untuk mengangkut produk dari pabrik Porsgrunn Yara ke pelabuhan di Brevik dan Larvik. Kedua pelabuhan itu, Yara mengapalkan produknya ke seluruh dunia.

Dengan jangkauan lebih dari 56 mil laut, kapal Yara Nirkeland bisa mengangkut sekitar 100 petikemas dengan kecepatan 12-15 knot. 

Pada tahap awal, kapal ini masih dilengkapi dengan awak kapal. Namun operasi jarak jauh diperkirakan dimulai pada 2019 dan operasi kemudi otomatis sepenuhnya akan dimulai pada 2020.

Dalam proyek kapal ini, Kongsberg bertanggung jawab mengembangkan dan memasok berbagai teknologi termasuk sensor dan integrasi yang dibutuhkan untuk mengendalikan dan operasi otonomos, termasuk motor listrik, baterei, dan sistem kontrol propulsi. (hlz/hlz)


Komentar