Senin, 22 Oktober 2018 | 17:24 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Angkutan Darat
Sabtu, 27 Mei 2017 11:14

ASDP Bangun Dermaga Eksekutif Merak dan Bakauheni

Translog Today
(repro)

MERAK - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggelontorkan investasi sekitar Rp500 miliar untuk membangun dua dermaga eksekutif di Pelabuhan Merak, Banten, dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Pembangunan dermaga eksekutif ini merupakan proyek sinergi antara ASDP Indonesia Ferry, PT PP (Persero) Tbk, dan PT Patra Jasa, yang akan membangun kawasan terpadu dengan fasilitas terminal, hotel, taman, musholla, komersial area dan lounge.

Menurut Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Faik Fahmi, dermaga eksekutif itu ditargetkan beroperasi 2018, sekaligus untuk mendukung pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan Palembang.

Peletakan baru pertama pembangunan dermaga itu dilakukan oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama jajaran direksi serta komisaris ASDP Indonesia Ferry.

Faik menyatakan dermaga eksekutif itu dikembangkan dari dermaga 6 di Merak dan dermaga 7 di Bakauheni, yang termasuk bagian dari perencanaan dan penataan Pelabuhan Merak.

Ke depan, menurut Faik, Pelabuhan Merak tidak hanya menjadi simpul transportasi tetapi akan dikembangkan menjadi simpul ekonomi melalui pengembangan properti dan gaya hidup untuk menarik minat pelanggan non-penyeberangan.

Dermaga eksekutif ini bagian dari solusi penataan pelabuhan untuk melayani segmen penumpang dan mobil pribadi (golongan I) dengan layanan dan tarif khusus.

"Tren pelabuhan tidak sebatas prasarana untuk menyeberang, tetapi menjadi destinasi wisata yang dapat memberikan suasana dan pengalaman berkesan berupa layanan kelas premium saat dikunjungi," kata Faik.

Dermaga eksekutif Pelabuhan Merak akan dibangun di atas lahan seluas 41.803 meter persegi dan Pelabuhan Bakauheni menggunakan lahan seluas 48.446 meter persegi.

"Proyek sinergi ini diharapkan memberikan akses terbaik bagi masyarakat dan wisatawan lokal dan asing yang ingin menyeberang dari dan ke Pulau Jawa dan Sumatera," ujarnya. (hlz/hlz)


Komentar