Rabu, 20 November 2019 | 16:14 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Minggu, 28 Mei 2017 08:05

Menhub Minta Pelabuhan Warnasari Cilegon Dikelola Bersama

Translog Today
Menhub Budi Karya saat meninjau lokasi Pelabuhan Warnasari (Kemenhub)

CILEGON - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Pelabuhan Warnasari Cilegon dikelola secara bersama-sama antara swasta, Pemkot Cilegon dan PT Pelindo II (Persero), guna menghindari persaingan tidak sehat antar operator pelabuhan di wilayah itu.

Permintaan itu menyusul persetujuan Menhub terhadap rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari, yang berlokasi di Kelurahan Warnasari dan Samangraya, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Banten.

"Jadi fungsinya sama saja, supaya ada korelasi (antar pelabuhan). Bisa dibayangkan kalau satu tempat pelabuhannya banyak terjadi kompetisi akhirnya tidak produktif, yang rugi pemerintah juga karena kapasitasnya tidak maksimal," kata Menhub saat meninjau lokasi proyek itu, Sabtu (27/5).

Pelabuhan Warnasari akan dibangun dan dikelola oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri, BUMD Kota Cilegon, pada 2017 dan ditargetkan beroperasi mulai 2019. Pelabuhan itu akan dibangun terminal bongkar muat general cargo dan curah cair ini.

Pelabuhan yang berlokasi di kawasan industri Krakatau Steel ini masih dalam tahap persiapan. Adapun luas lahan yang direncanakan untuk pelabuhan sekitar 364.408 m² dari luas lahan yang dimiliki Pemerintah Kota Cilegon seluas 450.000 m². (hlz/hlz)


Komentar