Rabu, 20 November 2019 | 16:24 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Airport
Minggu, 11 Juni 2017 16:25

Lanud Wiriadinata Jadi Bandara Komersial, Landasan Segera Diperpanjang

Translog Today
(Setkab)

JAKARTA - Landasan pacu Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Wiriadinata di Tasikmalaya, Jawa Barat, segera diperpanjang dari 1.200 meter menjadi 1.600 meter sehingga bisa didarati pesawat ukuran sedang mulai akhir tahun ini.

Perpanjangan landasan itu diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menyaksikan penandatanganan kesepakatan (MoU) pemanfaatan Lanud Wiriadinata menjadi bandara umum, Sabtu (10/6).

Kepala Negara menyatakan akan meninjau secara langsung landasan itu pada akhir 2017. "Sekarang runway-nya kan 1.200 meter. Perpanjang tahun ini menjadi 1.600 meter," kata Presiden.

MoU tersebut ditandatangani oleh Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I Marsekal Muda TNI Imam Baidirus, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, dan Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman.

Penandatanganan itu merupakan hasil langkah cepat Presiden setelah mendengarkan keluhan Wali Kota Tasikmalaya yang sudah 12 tahun meminta agar Lanud Wiriadinata dapat dimanfaatkan sebagai bandara umum atau komersial.

"Itu belum juga terlaksana," ucap Jokowi menirukan keluhan Wali Kota Tasikmalaya, yang meminta waktu dua minggu untuk menyelesaikan masalah ini. "Saya tidak mau bulan, saya minta minggu, dua minggu. Dan ternyata dua hari sudah selesai," ungkapnya.

Dia optimistis Bandara Wiriadinata akan ramai dalam 6 bulan ke depan sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Tasikmalaya dan sekitarnya. (hlz/hlz)


Komentar