Sabtu, 18 Agustus 2018 | 07:24 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Transportasi
Selasa, 04 Juli 2017 20:51

Indonesia Promosi Investasi Transportasi di ASEAN-Japan STOM Leaders

Translog Today
MRT Jakarta, salah satu proyek Jepang di Indonesia

JAKARTA - Indonesia mempromosikan peluang investasi di bidang transportasi dalam pertemuan ke-15 ASEAN-Japan Senior Transport Official Meeting (STOM) Leaders Conference yang berlangsung di Kyoto, Jepang, hingga 5 Juli 2017.

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi ditunjuk sebagai STOM Leader sekaligus memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan tersebut.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan J. A. Barata mengatakan, melalui paparan delegasi Indonesia, pihak pemerintah dan stakeholder lainnya dari Jepang diharapkan tertarik berkontribusi dalam pembangunan transportasi di Indonesia.

"Pertemuan itu merupakan pertemuan tingkat pejabat tinggi (Eselon 1) yang secara reguler diselenggarakan setiap tahun di Jepang untuk membahas kerja sama transportasi antara ASEAN dan Jepang yang merupakan salah satu negara mitra wicara ASEAN," jelas Barata dalam keterangan pers, Selasa (4/7).

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan antara lain perkembangan program kerja sama ASEAN-Jepang di bawah kerangka ASEAN-Japan Transport Plan (AJTP) untuk periode 2016-2017.

Kerja sama itu mencakup bidang fasilitasi transportasi, infrastruktur transportasi, transportasi yang berkuaitas dan berkelanjutan, serta pengembangan sumber daya manusia.

Selain itu, dibahas pula perkembangan dari konsultasi mengenai ASEAN-Japan Air Service Agreement dan perkembangan 25 program kerja sama transportasi ASEAN-Jepang di bawah Pakse Action Plan.

Pada pertemuan ini, Jepang mengusulkan beberapa inisiatif baru, antara lain Guidelines for Port Disaster Management, Best Approaches Book on User-friendliness in the Transport Sector, dan ASEAN-Japan Cold Chain Logistics Project, Guideline for Maintenance of Navigation Channels in ASEAN Regions, dan Guidelines for Safety Measures with Ships' Routeing.

Inisiatif itu diusulkan untuk dapat disertakan pada kerja sama ASEAN-Japan dan diterima guna disahkan dalam pertemuan ke-15 ASEAN-Japan STOM yang akan diselenggarakan di Singapura pada Oktober 2017.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh STOM Leader Jepang, Koichiro Kakee, bersama dengan STOM Leader Singapura, Mr. Pang King Keong sebagai Ketua ASEAN serta dihadiri oleh seluruh STOM Leaders 10 negara anggota ASEAN dan Sekretariat ASEAN.
(hlz/hlz)


Komentar