Senin, 24 September 2018 | 10:17 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Angkutan Darat
Jumat, 04 Agustus 2017 13:20

Indonesia Siap Teken Perjanjian Angkutan Darat Lintas Negara ASEAN

Translog Today
(Kemenhub)

JAKARTA - Indonesia siap menandatangi ASEAN Cross Border Transport of Passangers by Road Vehicle (CBTP) dalam pertemuan ASEAN Transport Ministers Meeting (ATM) ke-23 di Singapura pada Oktober 2017.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo dalam pertemuan Transport Facilitation Working Group (TFWG) ke-34 dan ASEAN Transit Transport Coordinating Board ke-9 di Phu Quoc Island, Vietnam, pada 31 Juli - 3 Agustus 2017.

"Sebagai implementasi persetujuan itu, Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas infrastruktur jalan serta membangun fasilitas pendukung di perbatasan dengan negara tetangga," jelas Sugihardjo dalam keterangan tertulis, Jumat (4/8).

Kesepakatan ASEAN Cross Border Transport of Passangers by Road Vehicle (CBTP) memungkinkan warga negara anggota ASEAN melakukan lintas perbatasan dengan angkutan darat dengan lebih mudah.

Sugihardjo menjelaskan, saat ini pemerintah sedang membangun Rest and Recreation Centers di perbatasan, menyelesaikan pembangunan jalan ruas Pontianak-Entikong dan Tayan-Sarawak, serta perluasan Jalan Toll Manado-Bitung dari dua ruas menjadi empat ruas.

Selain itu, pembangunan jalan toll Balikpapan-Samarinda yang diharapkan selesai pada 2019, pembangunan Jembatan Pulau Balang (Kalimantan Timur) dengan target rampung pada 2018, serta pembangunan Terminal Barang Internasional Entikong, Kalimantan Barat, Nangabadau, dan Aruk.

Sugihardjo berharap pergerakan penumpang lintas batas negara semakin mudah sehingga pada akhirnya membantu terwujudnya konektivitas antar negara di wilayah ASEAN dan perekonomian masyarakat perbatasan.

Pertemuan TFWG ke-34 dihadiri oleh seluruh perwakilan dari negara anggota ASEAN, Sekretariat ASEAN, Ministry of Land, Infrastructure and Transport (MLIT) Jepang, ASEAN Federation of Forwarders Association (AFFA), ASEAN Trucking Federation (ATF), dan ASEAN Council of Bureau (COB).

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Sekjen Kemenhub dengan anggota delegasi a.l. Direktur Sarana Perhubungan Darat Eddy Gunawan, perwakilan Biro Kerja Sama, Atase Perhubungan di Kuala Lumpur, dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub. (hlz/hlz)


Komentar