Jumat, 20 Oktober 2017 | 02:55 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Sabtu, 26 Agustus 2017 12:20

Lolos Pemeriksaan Bea Cukai, MT Segaratama I Diserahkan ke Polisi Airud

Aidikar M. Saidi

JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyerahkan kapal tanker MT Segaratama I kepada Polisi Airud untuk diperiksa lebih lanjut terkait kelengkapan administrasi kapal, setelah tidak ditemukan pelanggaran kepabeanan.

Kapal rute domestik yang mengangkut 200 ton solar antar-pulau dari Lampung itu sempat ditahan Bea Cukai Pangkalan Sarana Operasi Pelabuhan Tanjung Priok karena lego jangkar di luar dam.

Menurut Humas Ditjen Bea Cukai David, pemeriksaan terhadap MT Segaratama I tidak ditemukan pelanggaran kepabaenan sehingga diserahkan kembali ke Polisi Airud.

"Selanjutnya Polisi Airud akan melakukan pemeriksaan surat kelengkapan administrasi kapal tersebut," ujar David ketika dikonfirmasi translogtoday soal pemeriksaan kapal itu, Sabtu (26/8).

Menurut David, Bea Cukai tidak menahan kapal rute Lampung-Muara Baru Jakarta itu. "Hanya melakukan penelitian saja apakah ada pelanggaran kepabeanan, " ujarnya.

Sebelumnya translogtoday mendapatkan info bahwa MT Segaragama I sempat ditahan Bea Cukai karena lego jangkar di luar dam Pelabuhan Tanjung Priok.

Kini ada kecenderungan kapal-kapal memilih lego jangkar di luar dam seiring dengan pengetatan pemeriksaan oleh Bea Cukai.

Hampir 200 kapal diketahui lego jangkar di Tanjung Priok, yang tidak diketahui apakah menunggu muatan, antre menunggu dermaga atau antre untuk docking. Ada dugaan, kapal-kapal itu menunggu aparat ‘lengah' sebelum disandarkan. (hlz/hlz)


Komentar