Sabtu, 21 Juli 2018 | 22:38 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Bandara
Kamis, 31 Agustus 2017 14:08

Bandara Sukabumi Ditargetkan Beroperasi 2020

Editor
(dephub)

SUKABUMI - Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan Bandara Sukabumi dimulai pada 2019, sehingga operasional bandara itu bisa dimulai paling lambat pada 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi sudah sepakat mengenai re3ncana pembangunan bandara tersebut.

"Kita sudah sepakat (dengan Pemkot dan Pemkab Sukabumi) untuk bangun bandara, tetapi tempatnya akan dikaji lagi. Semula tempatnya jauh dari kota Sukabumi," jelas Menhub saat kunjungan di Sukabumi, Rabu (30/8).

Menhub mengatakan Kabupaten dan Kota Sukabumi sudah layak memiliki bandara sendiri mengingat jumlah penduduknya saat ini mencapai 3 juta jiwa.

Mengenai lokasi proyek, tutur Budi, Kemenhub memiliki pilihan agar lebih dekat ke kota. Hal lain yang dipertimbangkan adalah kecepatan angin dan kondisi lingkungan sekitarnya.

Adapun masalah pembebasan lahan diserahkan kepada Pemkab Sukabumi dan Pemprov Jawa Barat. Menhub mengharapkan masalah lahan sudah siap paling lambat pada 2018 agar pembangunan bisa dimulai pada 2019 dan bandara bisa beroperasi paling lambat 2020.

"Pembangunan Bandara Sukabumi diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya, khususnya di Kabupaten dan Kota Sukabumi," kata Menhub.
(hlz/hlz)


Komentar