Jumat, 20 Juli 2018 | 12:05 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Penerbangan
Senin, 25 September 2017 17:28

Bandara Juanda Siapkan 12 Slot Penerbangan Antisipasi Erupsi Gunung Agung

Translog Today
Bandara Juanda Surabaya (Angkasa Pura Airport)

SURABAYA -

Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, siap mengantisipasi pengalihan penerbangan dari dan ke Bandara Ngurah Rai Denpasar apabila Gunung Agung di Bali erupsi.

General Manager Angkasa Pura 1 Bandara Juanda Yuwono mengungkapkan pihaknya sudah menyediakan 12 slot apabila pesawat tujuan Ngurah Rai dialihkan ke Juanda.

"Kami sudah siapkan 12 slot bila sewaktu-waktu Gunung Agung erupsi dan berdampak pada penerbangan di sana. Jadi, semua penumpang pesawat tujuan Bali tak perlu," kata Yuwono, Senin (25/9).

Menurut dia, Bandara Juanda juga mempersiapkan ruang tunggu khusus bagi para penumpang yang pesawatnya dialihkan dari Ngurah Rai.

"Kami menyediakan ruang tunggu khusus buat penumpang yang pesawatnya di divert ke Juanda, sehingga masyarakat tak usah khawatir bila nanti Gunung Agung benar-benar erupsi," ujarnya.

Bandara Ngurah Rai termasuk salah satu bandara tersibuk strategis di Indonesia, yang setiap harinya menurunkan 15.000 hingga 20.000 wisatawan dari berbagai penerbangan luar negeri.

Bandara ini juga melayani penerbangan dalam negeri ke berbagai daerah di Indonesia yang mencapai puluhan pergerakan mengangkut hingga 40.000 penumpang.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan status Gunung Agung naik ke Level IV atau Awas sejak Jumat (22/9).

Meski demikian, PVMGB tidak dapat memastikan kapan Gunung Agung, yang berlokasi di Kabupaten Karangasem, Bali, itu akan meletus. (hlz/hlz)


Komentar