Selasa, 22 Mei 2018 | 17:17 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Galangan Kapal
Sabtu, 30 September 2017 19:09

Plt. Dirjen Hubla Puji Proses Pembangunan Coaster 2000

Translog Today
Foto bersama Plt Dirjen Perla (Translog)

BANYUASIN - Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut. (Hubla) Kementerian Perhubungan Bay M. Hasani memuji pencapaian PT Mariana Bahagia yang mampu meluncurkan empat unit kapal Coaster 2000 Gross Tonnage.

Kapal-kapal tersebut adalah bagian dari 25 kapal yang di bangun pada sejumlah galangan di Indonesia dimana lima diantaranya telah diluncurkan dengan empat dari lima tersebut diluncurkan oleh PT Mariana Bahagia.

Menurut Dirjen, pencapaian PT Mariana Bahagia adalah hal yang luar biasa. "Ini prestasi luar biasa," katanya saat memberikan sambutan sesaat sebelum peluncuran sambil mengajak hadirin memberikan tepuk tangan.  

Dia menjelaskan kapal ini sangat penting untuk mewujudkan konektivitas antar pulau di negara kepulauan Indonesia. Pada 2015, pihaknya membangun 100 unit kapal dengan berbagai tipe dan ukuran untuk mewujudkan program Tol Laut.

Yonhlee W. Sutjipto, Direktur Utama PT Mariana Bahagia mengatakan dengan meluncurnya kapal Coaster 2000 GT yang keempat, maka seluruh kapal Coaster sejenis pesanan Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan c.q Ditjen Perhubungan Laut telah dikerjakan tepat waktu.

Rangkaian peluncuran kapal KMP Sabuk Nusantara 87 tersebut diawali dengan Safety Induction oleh Tim HSE PT Mariana Bahagia. Kemudian dilanjutkan sambutan Direktur Utama dan Plt. Dirjen Perhubungan Laut.

Setelah itu, masuk ke proses peluncuran yang diawali dengan pemecahan kendi oleh Plt. Dirjen didampingi pejabat Kemenhub, Direksi PT Mariana Bahagia, DPP INSA, pejabat Kementerian Perindustrian dan sejumlah pejabat daerah.

Kemudian pelepasan sling dan kapal meluncur ke sungai Musi dengan baik. Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara. "Setelah ini, kami bersiap meluncurkan kapal kontainer 1000TEUs," kata Yonhlee. (hlz/hlz)


Komentar