Sabtu, 16 Desember 2017 | 12:27 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Logistik / Depo & Gudang
Jumat, 06 Oktober 2017 17:37

MTI Bantu Pemkab Natuna Pasok Bahan Pokok Pulau Midai

Ire Djafar
Kunjungan tim MTI ke Pulau Midai, Kabupaten Natuna (MTI)

MIDAI, Kabupaten Natuna -

Pemkab Natuna menggandeng PT Multi Terminal Indonesia (MTI) terus mensosialisasikan kapal Tol Laut dan sentra logistik Rumah Kita di kepulauan itu. Kali ini sosialisasi digelar di Pulau Midai, yang memiliki sumber daya alam melimpah.

Sekretaris Disperindagkop dan Usaha Mikro Natuna Hikmatul Arif mengatakan, Tol Laut dan Rumah kita di wilayah kepulauan itu untuk memasok kebutuhan pokok, sekaligus mengangkut hasil perkebunan dan industri kecil menengah ke pasar nasional.

"Inilah saatnya daerah kepulauan bangkit dengan segala sumber daya alam yang melimpah untuk dipasarkan ke tingkat nasional. Dengan biaya transportasi murah, ekonomi masyarakat akan berkembang," kata Arif di hadapan camat, pengusaha dan masyarakat Midai dan Suak Midai, Rabu (4/10).

Menurut Arif, perekonomian di dua kecamatan ini terus menggeliat, didukung sumber daya alam Pulau Midai yang terkenal sebagai daerah penghasil cengkih terbesar di Natuna.

"Industri pengolahan cengkih di sini juga telah berkembang menjadi produk turunannya, seperti industri penyulingan minyak cengkih," ujarnya.

Hasil produksi industri minyak cengkih Kecamatan Midai, lanjut Arif, sudah dikirim ke beberapa daerah, antara lain Cileungsi, Bogor. "Hampir setiap trip Tol Laut dengan tujuan Natuna Jakarta selalu menjadi salah satu muatan balik," ungkapnya.

Direktur Operasi MTI Banu Astrini mengatakan, pihaknya akan membantu pengangkutan beberapa bahan pokok dan barang penting lainnya menggunakan Tol Laut ke Midai.

Menurut dia, jarak antara gudang Selat Lampa dan Pulau Midai tidak terlalu jauh, sehingga harga diharapkan akan lebih terjangkau lagi bagi masyarakat.

"Begitu juga sebaliknya, komoditas unggulan dari Midai dapat dibawa ke luar daerah, misalnya cengkih, kopra dan minyak cengkih, sebagai muatan balik Tol Laut ke Jakarta," kata Banu.

Dia mengatakan, kehadiran kapal Tol Laut dan sentra logistik Rumah Kita yakni gudang di Selat Lampa, akan memudahkan masuknya bahan pokok ke Pulau Midai. "MTI siap membantu menjaga stok bahan pokok, seperti sembako dan material di Midai," ujarnya. (hlz/hlz)


Komentar