Jumat, 20 Oktober 2017 | 02:55 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Rabu, 11 Oktober 2017 06:56

Sandar Kapal di Pelabuhan Belawan Mulai Normal

Aidikar M. Saidi
Antrean kapal (Ilustrasi) (repro)

Pelayanan kapal petikemas domestik di Pelabuhan Belawan, Medan, pekan ini sudah mulai normal dan mendekati sistem windows.

Ketua DPC Indonesia National Shipowners' Association (INSA) Cabang Sumatera Utara, Hendra Kesuma mengatakan kondisi Pelabuhan Belawan mendekati normal dan penyandaran kapal sandar sesuai windows sudah mulai tercapai.

Dia mengungkapkan pihaknya sudah melakukan komunikasi langsung dengan General Manager Terminal Petikemas Belawan (TPKDB) PT Pelabuhan Indonesia I Medan.

Dari komunikasi itu, tuturnya, TPKDB Pelindo I menjamin dalam waktu dekat akan tercapai penyandaran kapal dengan sistem windows.

Menurut Hendra, pimpinan Pelindo I juga akan selalu memonitor kondisi pelayanan di Pelabuhan Belawan dan akan memperhatikan secara khusus kondisi di TPKDB.

Adapun untuk Belawan Internasional Container Terminal (BICT), dia mengungkapkan sejauh ini kondisi masih normal dan tidak ada antrean serta kapal sandar sesuai windows yang berjalan normal.

iNSA, lanjut Hendra, akan senantiasa memonitor kondisi  Pelabuhan Belawan hingga kembali normal.

"Setelah kami investigasi dengan anggota pelayaran, memang sempat ada perlambatan bongkar muat di TPKDB disebabkan perawatan alat selama dua pekan lalu." tuturnya.

Sementara itu General Manager TPKDB Indra mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan INSA maupun perusahaan pelayaran untuk menjaga kelancaran kegiatan di Pelabuhan Belawan. (hlz/hlz)


Komentar