Jumat, 20 Oktober 2017 | 02:45 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi
Kamis, 12 Oktober 2017 18:13

Presiden Bentuk Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha

Translog Today
Presiden Joko Widodo (Setkab)

JAKARTA - Pemerintah membentuk satuan tugas (Satgas) yang bekerja untuk meningkatkan pelayanan, pengawalan, penyelesaian hambatan, penyederhanaan dan pengembangan sistem online dalam rangka percepatan pelaksanaan perizinan berusaha di Indonesia.

Satgas tersebut dibentuk mulai dari tingkat nasional, kementerian dan lembaga, provinsi hingga Kabupaten dan Kota.

Pembentukan Satgas tersebut resmi dilakukan berdasarkan Peraturan Presiden No.91 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang dirilis pada 26 September 2017.

Ditingkat nasional, Presiden menunjuk Menteri Koordinator bidang Perekonomian sebagai Ketua Satgas dengan anggota Menko bidang Kemaritiman dan para kementerian dan lembaga, termasuk Kepolisian Republik Indonesia.

Sementara itu, pada pasal 8 disebutkan bahwa setiap Kementerian/lembaga yang memiliki kewenangan perizinan berusaha sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, membentuk Satgas Kementerian/Lembaga.

Demikian juga di tingkat provinsi dan kabupaten dan kota, pemerintah setempat wajib membentuk Satgas.

Untuk mendukung kebijakan ini, Presiden memerintahkan Menteri/kepala lembaga, gubernur, dan bupati/walikota melakukan evaluasi atas seluruh dasar hukum pelaksanaan proses Perizinan Berusaha yang merupakan kewenangannya, termasuk bagi usaha mikro, kecil, dan menengah.

Evaluasi dimaksudkan untuk mengganti dan menyempurnakan dasar hukum pelaksanaan perizinan berusaha di Indonesia. (aji/hlz)


Komentar