Jumat, 15 Desember 2017 | 03:53 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Regional
Senin, 23 Oktober 2017 18:22

Bintan Jadi Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas, Galang Batang KEK

Translog Today
Pusat industri offshore di Bintan (repro)

JAKARTA - Bintan resmi ditetapkan sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas untuk jangka waktu 70 tahun, setelah sebagian wilayah di Kawasan Industri Galang Batang dikeluarkan dari kawasan Bintan. 

Penetapan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 41 Tahun 2017 tentang Perubahan atas PP No. 47 Tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan, yang diteken oleh Presiden Joko Widodo pada 11 Oktober 2017.

Berdasarkan PP tersebut, Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan meliputi sebagian wilayah Kabupaten Bintan dan sebagian wilayah Kawasan Industri Galang Batang.

Selain itu, seluruh Kawasan Industri Maritim, dan Pulau Lobam, serta sebagian wilayah Kota Tanjung Pinang yang meliputi Kawasan Industri Senggarang dan Kawasan Industri Dompak Darat.

Pada saat yang sama, pemerintah juga menetapkan Galang Batang sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) berdasarkan PP No. 42/2017 tentang KEK Galang Batang.

KEK Galang Batang mencakup kawasan seluas 2.333,6 hektare, meliputi wilayah Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Adapun batas wilayahnya, yakni sebelah utara berbatasan dengan Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

Di sebelah timur berbatasan dengan Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan dan Laut Cina Selatan, serta sebelah selatan berbatasan dengan Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan dan Laut Cina Selatan.

Sementara di sebelah barat berbatasan dengan Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan dan Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

KEK Galang Batang terdiri atas Zona Pengolahan Ekspor, Zona logistik, Zona Industri, Zona Energi. PP ini juga menyebutkan, badan usaha pengusul KEK Galang Batang merupakan badan usaha pembangunan dan pengelola KEK Galang Batang. (hlz/hlz)


Komentar