Senin, 22 Oktober 2018 | 13:05 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Galangan Kapal
Senin, 23 Oktober 2017 15:31

Saut Gurning: Relokasi PAL ke Tanggamus akan Berdampak Positif

Translog Today
Saut Gurning (Saut Gurning)

JAKARTA - Rencana relokasi galangan kapal PT PAL (Persero) ke Kawasan Industri Maritim Tanggamus, Lampung dinilai akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan perseroan BUMN tersebut ke depan.

Dampak positifnya antara lain dapat memaksimalkan penggarapan pangsa pasar pembangunan kapal baru untuk kapal-kapal niaga. "Selama ini, fasilitas galangan PT PAL di Tanjung Perak harus berbagi dengan kepentingan kapal alutsista," kata Dosen ITS Saut Gurning kepada www.translotoday.com.

Akibatnya, katanya, PT PAL tidak bisa bekerja optimal dalam menggarap pangsa pasar kapal niaga. "Nantinya, fasilitas galangan existing dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kapal-kapal dagang," ujarnya.

Saut mengakui saat ini, kinerja PT PAL masih belum optimal sebagai galangan BUMN karena persoalan mis-management, meskipun ada problem generik seperti kurangnya daya dukungan industri komponen, pendanaan dan logistik.

Namun, katanya, opsi relokasi ke Kawasan Industri Maritim Tanggamus akan memungkinkan memberikan ruang baru dan cluster pendukung yang mungkin bisa lebih baik dibandingkan dengan cluster di sekitar APBS (Alur Pelayaran Barat Surabaya).

Seperti diketahui, Pemerintah berencana memindahkan pabrik BUMN strategis ke Kabupaten Tanggamus di Provinsi Lampung. Salah satu BUMN strategis yang ikut pindah pabriknya adalah dan PT PAL Indonesia (Persero).

Rencana ini diungkapkan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dalam kunjungannya ke PT Pindad (Persero) di Bandung belum lama ini. Bahkan Kemhan menyebutkan telah menyiapkan 10.000 hektar lahan untuk merealisasikan rencana tersebut.

Saat ini, proses relokasi masih pada tahap rencana. Akan tetapi, proses relokasi PT PAL bersama dua BUMN strategis lainnya yakni PT Pindad dan PT Dirgantara Indonesia akan dibiayai oleh negara. Dalam prosesnya relokasi tersebut, dibutuhkan waktu antara 2-3 tahun. (aji/hlz)


Komentar