Jumat, 15 Desember 2017 | 03:57 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Minggu, 12 November 2017 20:52

Pelindo IV Tambah Container Crane Baru di Pelabuhan Bitung dan Ambon

Aidikar M. Saidi
(Pelindo IV)

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menambah dua unit container crane (CC) baru untuk memperkuat pelayanan bongkar muat petikemas di Pelabuhan Bitung dan Ambon.

Farid Padang, Direktur Komersial Pelindo IV, mengatakan satu unit CC itu sudah tiba dan diterima oleh Walikota Bitung, sementara satu unit lagi akan dioperasikan di Pelabuhan Ambon.

"Dengan tambahan satu unit CC, artinya Pelabuhan Bitung kini memiliki lima unit CC dari sebelumnya hanya empat unit," ujarnya kepada translogtoday, Minggu (12/11).

Adapun Pelabuhan Ambon, kata Farid, sebelumnya hanya mengoperasikan satu unit lufing crane dan kini ditambah dengan satu unit CC.

Sementara itu, kalangan perusahaan pelayaran yang mengoperasikan kapal rute ke Bitung mengharapkan penambahan alat baru tersebut meningkatkan pelayanan bongkar muat petikemas di pelabuhan terbesar di Sulawesi Utara itu.

Sebagai informasi, PT Tempuran Emas Tbk dan PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) saat ini mengoperasikan kapal besar pada rute ke Bitung yakni hingga kapasitas 3.000 TEUs.

Pelindo IV berharap penambahan CC tersebut akan memperkuat layanan bongkar muat petikemas di Pelabuhan Bitung dan Ambon.

Saat ini, Pelabuhan Bitung mengembangkan terminal petikemas berkapasitas 3 juta TEUs dengan perkiraan investasi mencapai Rp3 triliun.

Di pelabuhan itu akan dibangun juga lapangan penumpukan petikemas seluas 5 hektare, selain penambahan dermaga sepanjang 131 meter dan lebar 35 meter yang menelan biaya Rp365 miliar.

Kapasitas Pelabuhan Bitung pada 2016 tercatat hanya 280.000 TEUs, sehingga perlu dikembangkan. Dari pelabuhan ini juga tersedia layanan direct call tujuan Davao sejak Desember 2016, kerja sama dengan Maersk Line. (hlz/hlz)


Komentar