Jumat, 15 Desember 2017 | 03:57 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 30 November 2017 22:15

Container Crane di Pelabuhan Palembang Ngadat Lagi, Bongkar Muat Terganggu

Aidikar M. Saidi

JAKARTA -

Container crane (CC) di terminal petikemas Pelabuhan Palembang rusak lagi sehingga pelayanan bongkar muat petikemas di pelabuhan terbesar di Sumatera Selatan itu terganggu.

CC 03 tiba-tiba ngadat sejak Kamis (30/11) pagi dan hingga kini belum beroperasi. Saat ini satu kapal hanya bisa dilayani satu CC untuk membongkar dan memuat petikemas. 

Kondisi tersebut dikeluhkan oleh perusahaan pelayaran yang mengoperasikan kapal petikemas rute Jakarta-Palembang.

Laporan dari agen perusahaan pelayaran di Palembang yang disampaikan kepada pemilik kapal petikemas di Jakarta menyebutkan, saat ini CC 02 masih dalam perawatan rutin dengan estimasi pengerjaan selesai Kamis (30/11) pukul 16.00 WIB.

Menurut laporan itu, CC 03 tiba-tiba mengalami masalah pada pukul 08.00 WIB dan belum beroperasi kembali. Dengan demikian, apabila CC 02 telah siap digunakan maka pelayanan kapal untuk sementara akan dilayani dengan 1 unit CC.

Masalah ini berdampak pada pelayanan terhadap KM Pratiwi yang sedang sandar dimana estimasi selesai pelayanan sekitar pukul 23.59 WIB.

Adapun untuk kapal KM Lagoa yang telah direncanakan sandar menggantikan kapal KM Pratiwi harus dilakukan perubahan jadwal sandar.

Pekan lalu, CC 02 itu sempat bermasalah dan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang telah mendatangkan suku cadang agar bisa beroperasi kembali.

Pelabuhan Palembang saat itu juga hanya mampu melayani satu kapal dari sebelumnya dua kapal setelah alat tersebut rusak.

Akibatnya terjadi antrean panjang kapal petikemas menunggu pelayanan bongkar muat di Terminal Petikemas Pelabuhan Palembang.

(hlz/hlz)


Komentar