Jumat, 15 Desember 2017 | 03:56 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Jumat, 01 Desember 2017 20:32

Pelabuhan Sunda Kelapa Perkuat Sinergi dengan Stakeholder

Ire Djafar
(translogtoday/ire)

JAKARTA -

IPC Cabang Sunda Kelapa menggelar Media Gathering di Marina Batavia, Kompleks Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta, Kamis (30/11), sekaligus memperingati HUT Indonesia Port Company (IPC) ke-25 yang jatuh pada 1 Desember 2017.

Hadir pada kesempatan itu para stakeholder Pelabuhan Sunda Kelapa, antara lain Kepala KSOP Sunda Kelapa Letkol (Mar) Benyamin Ginting, Kapolsek Sunda Kelapa Kompol Joko Agus Wulantoro, Wakil Walikota Jakarta Utara Junaedi, dan Lurah Ancol.

Di hadapan para stakeholder Pelabuhan Sunda Kelapa dan awak media, General Manager IPC Sunda Kelapa Kartiko Juwono memaparkan kinerjanya dalam lima tahun terakhir yang diklaim cukup memuaskan.

"Alhamdulillah kita sudah memenuhi pencapaian yang positif dalam waktu lima tahun terakhir, semuanya tak lepas dari kerja sama dan dukungan semua stakeholder,” ujar Kartiko.

Menurut dia, Pelabuhan Sunda Kelapa berhasil mencatat kinerja positif, baik dalam infrastruktur maupun pelayanan. Pelabuhan bersejarah itu juga sedang mengalami lonjakan arus barang.

"Sekitar 53% pelayanan berasal dari Bangka Belitung dan sisanya ke daerah-daerah lain. Ini membuktikan bahwa kita ikut berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui jasa pelabuhan,” ujar Kartiko.

Selain itu, Pelabuhan Sunda Kelapa menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat sekitar pelabuhan, salah satunya melalui gerakan penghijauan di sekitar pelabuhan.

“Penghijauan ini agar pelabuhan tidak gersang. Minimnya lahan hijau kadang membuat suasana pelabuhan terkesan tidak aman dan kurang nyaman,” ujarnya.

Meskipun hanya menyumbang 200 pohon, tutur Kartiko, Pelabuhan Sunda Kepala ingin berkontribusi dan bersinergi dengan program Pemkot Jakarta Utara yang menargetkan penanaman 1 juta pohon.

Three Musketeers 

Kartiko juga menyampaikan terima kasih kepada Polsek dan KSOP Sunda Kelapa, yang dia sebut sebagai anggota Three Musketers Pelabuhan Sunda Kelapa.

"Kami bertiga ibarat Three Musketeers, kalau ada apa-apa terkait Pelabuhan Sunda Kelapa tentunya kami bertiga yang paling bertanggung jawab,” ujarnya sambil bercanda. 

Kepala KSOP Sunda Kelapa Letkol (Mar) Benyamin Ginting menyampaikan bahwa Sunda Kelapa merupakan pelabuhan awal dan pelabuhan penting di DKI Jakarta.

“Awal kota Jakarta adalah di pelabuhan ini. Dulu waktu awal saya bertugas melihat Sunda Kelapa seperti tumpukan barang, tetapi sekarang sudah beranjak pada pembenahan yang cukup baik,” kata Ginting.

Dia berjanji akan mendukung segala bentuk kegiatan dan program Pelabuhan Sunda Kelapa demi kemajuan perekonomian Jakarta Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Pada intinya kami menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan oleh Pelabuhan Sunda Kelapa karena kita merupakan mitra kerja yang paling baik selama ini,” ungkapnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Sunda Kelapa Kompol Joko Agus Wulantoro mengenai kemajuan pelabuhan itu. Pihaknya siap mendukung segala program yang dilakukan oleh pengelola pelabuhan.

Dalam kesempatan itu, Pelabuhan Sunda Kelapa juga memberikan penghargaan kepada nakhoda terbaik dan memberikan secara simbolis tanaman yang akan ditanam di sepanjang Jalan RE Martadinata Jakarta Utara.   &n (hlz/hlz)


Komentar