Jumat, 15 Desember 2017 | 03:57 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Minggu, 03 Desember 2017 14:28

Menhub Pastikan Tidak Ada Mogok TKBM di Tanjung Priok

Ire Djafar
(translogtoday/ire)

JAKARTA -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan tidak ada mogok tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di Pelabuhan Tanjung Priok pada Senin (4/12).

“Saya pastikan tidak ada mogok buruh di pelabuhan,” kata Budi Karya saat menghadiri Pelindo Port Run 2017 di Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (3/12) pagi.

Menhub meyakini TKBM tentunya bisa mengerti dan menyadari bahwa kepentingan bangsa dan negara harus lebih diutamakan. Kementerian Perhubungan juga sudah mengantisipasi ancaman mogok TKBM di pelabuhan.

Sementara itu, Kepala OP Tanjung Priok Arif Toha mengungkapkan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan hal rencana aksi mogok kerja tersebut. 

“Sampai saat ini kami terus lakukan koordinasi untuk mengantisipasi aksi mogok yang akan dilakukan TKBM, jika hal itu benar-benar terjadi,” kata Arif. 

Ketua DPW APBMI Jakarta Juswandi Kristanto, melalui pesan WA kepada Translogtoday juga menyampaikan, pada Kamis siang telah dilakukan rapat di kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok guna membahas rencana mogok TKBM pada Senin, 4 Desember.

Rapat yang dihadiri oleh perwakilan Pelindo Cabang Tanjung Priok, perwakilan kepolisian Pelabuhan Tanjung Priok, APBMI Jakarta, INSA Jaya, Inkop TKBM dan instansi terkait lainnya, dipimpin langsung Kepala OP Tanjung Priok Arif Toha.

Tuntutan Koperasi TKBM 

Koperasi TKBM meminta agar buruh pelabuhan hanya dikelola oleh koperasi yang sudah ada, bukan PT dan tidak boleh ada koperasi lain. Jika tuntutan itu dipenuhi, mereka berjanji membatalkan aksi mogok.

“Kami bersyukur dan mengapresiasi koperasi TKBM yang mau membatalkan rencana mogok kerja di Tanjung Priok pada 4 Desember. Sebab, jika sampai benar-benar mogok maka semua akan dirugikan, terutama nama Indonesia jadi kurang bagus di mata dunia," kata Juswandi.

(hlz/hlz)


Komentar