Jumat, 15 Desember 2017 | 04:01 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Maritim
Selasa, 05 Desember 2017 21:53

Indonesia Siap Penuhi IMSBC Code Angkutan Nikel

Translog Today
(repro)

LONDON -

Indonesia siap mengikuti dan kooperatif memenuhi aspek keselamatan pengangkutan nikel di atas kapal sesuai dengan Maritime Solid Bulk Cargo (IMSBC) Code, yang merupakan bagian dari konvensi internasional Safety of Life at Sea (Solas) 1974.

Komitmen itu disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Capt. Rudiana yang mewakili delegasi Indonesia pada lanjutan sidang International Maritime Organization (IMO) Assembly di London, Senin (4/12).

Sidang IMO yang berlangsung hingga 6 Desember itu, salah satunya membahas mengenai IMSBC Code terkait dengan posisi Indonesia sebagai salah satu produsen nikel terbesar di dunia.

IMSBC Code ini melengkapi pengangkutan kargo curah padat yang ada dalam Chapter VI Solas. Tujuan Code ini mengatur penyimpanan dan pengangkutan kargo curah padat dengan memberikan informasi mengenai risiko bahaya pengangkutan beberapa jenis kargo curah padat dan prosedur yang harus dilakukan pada saat pengangkutan.

“Fokus IMO pada kegiatan ini di Indonesia adalah pada pengangkutan nikel, mengingat Indonesia adalah salah satu produsen nikel terbesar di dunia,” kata Rudiana seperti dikutip dari situs resmi Ditjen Hubla.

Risiko Tinggi

Dia mengatakan nikel memiliki risiko dalam pengangkutan, yaitu bisa mencair dalam perjalanan sehingga mengganggu stabilitas kapal dan membahayakan keselamatan kapal bila tidak ditangani secara khusus sebelum loading, saat loading, dan pengangkutan.

“Pada prinsipnya, Indonesia mengikuti dan kooperatif dengan pemenuhan aspek keselamatan pelayaran khususnya penempatan muatan nickel ore di atas kapal,” tegasnya. 

Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub sebelumnya menggelar workshop IMSBC Code khusus mengenai kargo yang bisa mencair. Workshop yang digelar di Jakarta pada 6 November 2017 itu bekerja sama dengan IMO dalam kerangka Integrated Technical Cooperation Programme (ITCP).

(hlz/hlz)


Komentar