Jumat, 15 Desember 2017 | 04:01 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Selasa, 05 Desember 2017 10:29

Kinerja Meningkat, IPC Tanjung Priok Optimistis Tembus Target 2017

Ire Djafar
GM Pelindo Cabang Tanjung Priok Hendro Haryono (translogtoday/ire)

JAKARTA -

IPC Cabang Pelabuhan Tanjung Priok optimistis melampaui target 2017, seiring dengan pertumbuhan signifikan trafik kapal melalui pelabuhan itu yang sudah mencapai 63 juta gross ton hingga triwulan ketiga 2017 atau 80% dari target 78 juta gross ton.

"Bisa dipastikan target yang diberikan direksi Pelindo II tercapai pada semester kedua ini. Semoga sampai akhir tahun target trafik kapal dari gross tonnya, baik dari luar negeri maupun dalam negeri, akan tercapai," kata GM Pelindo Cabang Tanjung Priok Hendro Haryono.

Dia mengungkapkan keyakinan itu saat memberikan sambutan pada acara Gathering Cabang Tanjung Priok dalam rangka HUT IPC ke-25, dengan instansi pemerintah, asosiasi dan media di Yogjakarta, Senin (4/12).

Demikian juga trafik penumpang, baik embarkasi maupun debarkasi, sampai dengan September lalu sudah lebih dari 75% dari target. Pencapaian itu berkat masuknya kapal-kapal ukuran besar sehingga jumlah gross ton meningkat.

Di bidang komersial dan pengembangan bisnis, papar Hendro, Pelabuhan Tanjung Priok sejak 20 November lalu telah mengoperasikan CFS Center, yaitu modul manajemen data pelanggan.

Dengan sistem ini, seluruh data pelanggan baik kapal maupun barang itu telah tersentralisasi di CDM Cabang Pelabuhan Tanjung Priok. Nama-nama perusahaan pun telah terekam sebagai pelanggan di pelabuhan tersebut. 

"Layanan pembayaran juga sudah multi-channel untuk semua bank dapat kami layani. Selain itu, pelayanan pelanggan di Pelabuhan Tanjung Priok telah tersedia dan siap melayani selama 24 jam," kata Hendro. 

Untuk pencapaian dari sisi keuangan, jelas Hendro, saat ini pembayaran bisa dilakukan secara auto-collection, sehingga memudahkan pelayanan karena pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan lancar.

Pionir Inaportnet

Adapun untuk pencapaian operasi dan sistem informasi, Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pionir dari pelaksanaan Inaportnet. Saat ini, khusus untuk pelayanan kapal dan barang, di Pelindo ll sendiri telah mulai diprogramkan, demikian juga untuk program Inaportnet di cabang-cabang pelabuhan kelas satu lainnya.  

"Khusus Inaportnet, pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan Tanjung Priok sudah berjalan normal dengan baik dan lancer. Pernyataan terakhir dari Pak Menhub (Budi Karya Sumadi), bahwa Inaportnet di Pelabuhan Tanjung Priok sudah dinyatakan berjalan dengan normal," jelasnya.

Hendro mengharapkan, acara Gathering ini semakin mempererat hubungan silaturahmi antara IPC Cabang Pelabuhan Tanjung Priok dan semua stakeholder.

Translogtoday (keempat dari kanan) menerima penghargaan IPC Cabang Pelabuhan Tanjung Priok

IPC Cabang Pelabuhan Tanjung Priok sendiri secara rutin menggelar pertemuan dengan IPC Pusat dan jajaran direksi, Otoritas Pelabuhan,  Syahbandar, Bea Cukai, stakeholder, Polres dan instansi terkait lainnya, termasuk dengan media massa, agar jika ada permasalahan semua bisa terselesaikan dengan baik. 

"Kami selalu membuka diri, untuk terus membicarakan segala hal atau masalah yang harus dikomunikasikan. Kami siap dan selalu mendahulukan koordinasi dalam banyak hal untuk menyelesaikan segala masalah yang ada," kata Hendro. 

Dalam kesempatan tersebut, IPC Cabang Pelabuhan Tanjung Priok menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada sejumlah instansi, asosiasi, dan stakeholder. Penghargaan juga diberikan kepada sejumlah media yang dinilai berdedikasi dan memantau perkembangan Pelabuhan Tanjung Priok.

Media-media tersebut yakni Translogtoday, Shipping Gazette, Maritim News, Port Media, Ocean Week, Lentera Indonesia, Warta Indonesia Raya, dan Suara Rakyat Merdeka.

(hlz/hlz)


Komentar