Jumat, 22 Juni 2018 | 12:24 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Galangan Kapal
Kamis, 07 Desember 2017 19:39

Mariana Bahagia Tuntaskan Pembangunan Seluruh Kapal Pesanan Kemenhub

Ire Djafar
(translogtoday)

PALEMBANG -

PT Mariana Bahagia, galangan kapal berbasis di Palembang, merampungkan pembangunan seluruh kapal pesanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, menyusul peluncuran kapal tol laut KM Kendaga Nusantara 4, Kamis (7/12).

Kapal petikemas berkapàsitas 100 TEUs ini menjadi yang keenam atau terakhir yang diluncurkan Mariana Bahagia, dari total enam unit yang dibangun galangan itu berdasarkan kontrak kerja dengan Hubla pada 2015. Kapal-kapal itu merupakan bagian dari proyek pemerintah dalam melaksanakan program tol laut. 

Kapal tersebut juga merupakan kapal petikemas kedua yang dibangun Mariana Bahagia. Sebelumnya, yakni pada 23 November, perusahaan galangan itu juga sudah meluncurkan KM Kendhaga Nusantara 13 berkapàsitas 100 TEUs. 

Selain kedua kapal petikemas itu, Mariana Bahagia sebelumnya merampungkan empat kapal 2.000 GT coaster. Keempat coaster tersebut juga telah diluncurkan secara bertahap hingga Oktober 2017. 

KM Kendhaga Nusantara 4 adalah satu dari total 15 kapal petikemas yang dipesan Kementerian Perhubungan pada anggaran 2015-2017. Dari jumlah tersebut, dua unit dibangun Mariana Bahagia.

Dari catatan Translogtoday, pengerjaan KM Kendhaga Nusantara 4 dapat diselesaikan sebelum tenggat waktu. Secara umum pekerjaan Mariana Bahagia terhadap enam kapal itu dinilai baik sebab menggunakan komponen lokal oleh putra-putri terbaik dari Sumatera Selatan, serta keseluruhannya dapat diselesaikan sebelum deadline.

(hlz/hlz)


Komentar