Sabtu, 21 April 2018 | 16:28 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Sabtu, 09 Desember 2017 19:25

Pelindo IV Tambah CC di Enam Pelabuhannya di KTI 2018

Aidikar M. Saidi
Container crane di Pelabuhan Ambon (Pelindo IV)

JAKARTA -

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berencana menambah sedikitnya enam unit container crane (CC) pada 2018 untuk memperkuat pelayanan di enam pelabuhannya di kawasan timur Indonesia.

Keenam pelabuhan itu adalah Ternate, Sorong, Ambon, Kendari, Pantoloan, dan satu unit CC untuk Terminal Peti Kemas (TPK) PT Kaltim Kariangau, anak perusahaan Pelindo IV.

Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelindo IV Farid Padang mengungkapkan penambahan CC di enam pelabuhan itu sudah mendesak karena throughput petikemas di pelabuhan tersebut sudah lebih dari 40.000 TEUs per tahun.

Dia tidak menyebutkan nilai investasi yang dibutuhkan untuk pengadaan enam CC itu karena masih menunggu persetujuan dari pemegang saham. "Intinya investasi dapat dilakukan melalui kerja sama mitra, baik swasta maupun BUMN," ujarnya.

Menurut Farid, penambahan alat tersebut untuk meningkatkan produktivitas bongkar muat petikemas di sejumlah pelabuhan yang dikelola Pelindo IV. "Sebab kami mencanangkan 2018 merupakan tahun produktivitas maksimal," tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, akan ada lagi tambahan alat sebanyak lima unit RTG (rubber tyre gantry) yang merupakan bagian dari program PMN (Penyertaan Modal Negara) serta dua unit fix crane untuk Pelabuhan Merauke yang akan datang pada Februari 2018.

“Dengan investasi itu Pelindo IV diharapkan mampu menjamin pelayanan sehingga tidak ada lagi hambatan soal kesediaan dan kesiapan alat, sehingga pelayanan prima bisa segera terwujud,” ujarnya.

Farid mengatakan antara infrastruktur dan suprastruktur di KTI belum merata sehingga perlu percepatan dengan mencanangkan 2018 sebagai tahun produktivitas.

Tambahan RTG

Sementara itu, Pelindo IV menjelang akhir 2017 ini telah mendatangkan lima RTG dengan nilai investasi sedikitnya Rp85 miliar. Alat tersebut dioperasikan di Pelabuhan Jayapura dan Pelabuhan Ambon.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung mengatakan lima unit alat bongkar muat petikemas tersebut telah tiba di Pelabuhan Jayapura pada Kamis (7/12) malam, diangkut dengan kapal MV Hansa Heavy Lift (HHL) New York berbendera Barbados dan Antigua.

“Kedatangan lima unit RTG ini untuk menunjang kegiatan di pelabuhan kelolaan Pelindo IV. Dua unit RTG akan ditempatkan di Pelabuhan Jayapura dan tiga unit lagi untuk di Pelabuhan Ambon,” jelas Doso.

Dengan kedatangan dua unit RTG terbaru di pelabuhan terujung di KTI itu, total RTG yang dimiliki Pelabuhan Jayapura menjadi empat unit.

Untuk Pelabuhan Ambon, rencananya tiga unit RTG yang baru akan tiba pada 13 Desember mendatang.

(hlz/hlz)


Komentar