Kamis, 26 April 2018 | 10:46 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Korporasi / Aksi Korporasi
Kamis, 14 Desember 2017 22:53

Pelindo III Gandeng Mandiri Sekuritas Galang Dana dari Pasar Modal Global

Aidikar M. Saidi
Direktur Utama Pelindo III I.G.N. Askhara Danadiputra (Pelindo III)

JAKARTA -

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) bekerja sama dengan PT Mandiri Sekuritas menjajaki peluang pendanaan dari pasar modal global pada 2018.

Operator pelabuhan pelat merah tersebut mempertimbangkan untuk menggalang pendanaan sampai dengan US$1 miliar di pasar modal untuk membiayai ekspansi perusahaan.

Direktur Utama Pelindo III I.G.N. Askhara Danadiputra mempercayakan Mandiri Sekuritas untuk melakukan eksplorasi bentuk pendanaan yang tepat bagi perseroan.

“Ini sebagai bentuk keberanian dan kepercayaan kami menunjuk perusahaan lokal (BUMN) untuk menangani penggalangan dana global yang kami butuhkan. Ini adalah sinergi BUMN pertama antara Pelindo III dan Mandiri Sekuritas untuk menggalang dana dari pasar modal global,” ujarnya, Kamis (14/12).

Pria yang akrab dipanggil Ari ini menjelaskan, pihaknya terus memantau perkembangan pasar modal global untuk menentukan waktu penggalangan dana yang tepat, baik dalam mata uang asing maupun rupiah.

Untuk diketahui, Pelindo III memasuki pasar global dengan menerbitkan Obligasi Internasional pada 1 Oktober 2014 senilai US$500 juta untuk tenor 10 tahun dengan kupon 4,875%.

Rating kredit korporasi jangka panjang Pelindo III ialah BBB-, menurut Standard & Poors, BBB- menurut Fitch, dan Baa3 menurut Moody's. Kemudian pada 2016, Pelindo III mendapatkan rating AA+ dari Pefindo.

Dalam beberapa tahun ke depan, ungkap Ari, Pelindo III berencana mengembangkan 11 proyek strategis, di antaranya kawasan ekonomi terintegrasi Java Integrated Industrial & Port Estate di Gresik dan Terminal Kalibaru di Pelabuhan Tanjung Emas yang terintegrasi dengan kawasan industri di Semarang.

Selain itu, Pelindo III mendukung program pemerintah dalam penyediaan pasokan listrik, dengan membangun Terminal LNG di Pelabuhan Benoa Bali dan PLTMG di Terminal Teluk Lamong.

Perseroan juga mendukung target pemerintah mendatangkan kunjungan 20 juta wisatawan dengan membangun terminal penumpang kapal pesiar dan kompleks marina bertaraf internasional di Bali dan Banyuwangi.

Menurut Ari, sampai dengan Oktober 2017, Pelindo III membukukan pendapatan Rp7,09 triliun lebih atau tumbuh sekitar 16% dari periode yang sama tahun lalu Rp6,12 triliun.

Adapun laba tahun berjalan yang dibukukan perseroan sampai dengan Oktober 2017 mencapai Rp1,67 triliun.

(hlz/hlz)


Komentar