Kamis, 26 April 2018 | 06:55 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Bea Cukai
Sabtu, 23 Desember 2017 19:31

Dua Kontainer di Halaman Kantor Pusat Bea Cukai Dipertanyakan

Ire Djafar
(translogtoday/ire)

JAKARTA -

Sudah dua pekan lebih, dua kontainer tampak teronggok di halaman parkir Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Jl. Jend. Ahmad Yani, Rawamangun, Jakarta Timur.

Hingga saat ini belum ada kejelasan dari mana, isinya apa, dan tangkapan siapa kedua kontainer yang mengundang perhatian setiap orang yang masuk ke halaman kantor instansi itu. 

Isu awal yang dihimpun oleh beberapa awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan Bea Cukai (Forwabeac), menyebutkan bahwa kedua kontainer itu merupakan hasil tangkapan Polres Jakarta Timur.

Namun, ketika dikonfirmasi, informasi itu dibantah oleh Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Yoyon Toni Surya Putra. “Tidak ada tangkapan kami kontainer. Nanti saya konfirmasi ke anggota reserse dulu, ya, ” jawabnya. 

Terkait dengan isi kedua kontainer itu, sejauh ini belum ada jawaban dari Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi, meskipun sudah dikonfirmasi lewat telepon genggam, whatsapp dan SMS, dia belum memberikan jawaban.

“Kita sudah mengajukan surat konfirmasi ke pak Dirjen tapi belum dijawab juga. Ketika kita coba menghadap langsung, security menghentikan langkah kita,” ucap Ketua Forwabeac Heri Supardi.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea Cukai Leo Robert Marbun ketika hendak dikonfirmasi, juga tidak membuahkan hasil. Menurut info yang didapatkan dari pihak keamanan, Leo Robert sedang cuti dan baru akan masuk kerja kembali pada 9 Januari 2018.

Sementara itu, Kasi Humas Direktorat Bea Cukai Devid Silungkang Muhammad, ketika dimintai keterangan melalui telepon mengatakan, kedua kontainer itu adalah titipan Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sudah dua pekan kontainer itu diserahkan Polres pelabuhan,” kata Devid. Namun dari konfirmasi yang didapatkan langsung oleh Translogtoday, Kepala Humas Polres Pelabuhan Tanjung Priok Iptu Edi Tarmedi, menegaskan bahwa kedua kontainer tersebut bukan titipan Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

"Itu bukan titipan Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan kami tidak pernah menitipkan, itu barang hasil tangkapan Bea Cukai sendiri," kata Iptu Edi Tarmedi. 

(hlz/hlz)


Komentar