Senin, 10 Desember 2018 | 09:40 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Jumat, 12 Januari 2018 16:00

Selamatkan Aset, Pelindo IV Tertibkan Administrasi Dokumen Aset

Translog Today
Doso Agung, Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero) (repro)

MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melakukan pembenahan administrasi dokumen kepemilikan dan penguasaan aset perusahaan, baik terhadap aset-aset eksisting maupun aset yang diperoleh dari proyek-proyek.

Untuk melaksakannya, Pelindo IV menandatanganani Nota Kesepahaman dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). MoU langsung diteken oleh Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil dan Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung, di Jakarta, Kamis (11/1).

Pembenahan administrasi aset ini sangat penting bagi Pelindo IV mengingat perseroan BUMN tersebut merupakan salah satu BUMN pelabuhan yang paling banyak mengoperasikan unit pelabuhan di kawasan Timur Indonesia.

Sejumlah pelabuhan yang dioperasikan Pelindo IV antara lain Makassar, Pare-pare, Bontang, Sengata, Nunukan, Tarakan, TgRebeb, Kendari, Gorontale, Merauke, Jayapura Manokwari, Biak, Manado, Bitung, Pantoloan, Ambon dan sebagainya.

Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung mengatakan kerja sama dengan jangka waktu lima tahun kedepan ini termasuk dalam rangka pengamanan dari segi administrasi legal kepemilikan yang berlaku untuk aset eksisting dan aset proyek Pelindo IV di masa depan.

Sementara itu, Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan Farid Padang menambahkan, Nota Kesepahaman antara Pelindo IV dan Kementerian ATR/BPN ini merupakan bentuk keseriusan Pelindo IV untuk menyelesaikan sertifikat tanah.

"Juga dalam rangka proses percepatan penyelesaian berbagai permasalahan terkait aset tanah, baik dari aset tanah yang telah dimiliki, maupun aset yang dihasilkan dari proyek-proyek Pelindo IV kedepannya," katanya.

Selain itu, katanya, MoU juga untuk mendukung program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Nasional yang digulirkan Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN. "Kita mendukung program PTSL," ujar Farid yang juga hadir saat penandatanganan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kementerian ATR/BPN juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kejaksaan Agung, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Ketenagakerjaan, Ombusdman, PT Pelabuhan Indonesia I, II dan III dan 17 Universitas di Indonesia. (aji/hlz)


Komentar