Selasa, 23 Januari 2018 | 06:56 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Minggu, 14 Januari 2018 14:06

23 Pelabuhan Pelindo IV Siap Terapkan e-Pass Terintegrasi

Aidikar M. Saidi
(Pelindo IV)

JAKARTA - Sedikitnya 23 pelabuhan di Indonesia Timur sudah siap untuk menerapkan digitalisasi dengan sistem e-pass terintegrasi.

"Kami sudah melaksanakan digilitaisasi di 23 pelabuhan dengan sistim e pass termasuk parkir di pelabuhan semua terintegrasi," ujar Farid Padang, Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia IV kepada Translogtoday, Minggu (14/1).

Dia mengatakan penerapan digitalisasi itu dilakukan melalui kerja sama dengan perbankan seperti e-toll untuk jalan toll dan kartu yang diproduksi untuk pas masuk adalah e port integrated card.

Selama 2017, kata dia, sudah enam pelabuhan dan tahun ini akan dipasang di 17 pelabuhan.

"Ini merupakan strategi baru dalam pengelolaan pelabuhan di Indonesia Timur yang nakhodai oleh Pak Doso Agung (Dirut Pelindo IV)," tuturnya seraya memperkenalkan jabatannya sebagai Direktur Fasilitas dan Peralatan pelabuhan.

Menurut dia, proses ini membuat tertata kendaraan pengantar penjemput maupun kendaraan pribadi yang masuk di terminal penumpang serta menghindari pungutan liar di sisi gate masuk dan keluar pelabuhan, di samping bisa menghemat jumlah personal yang bekerja di gate.

Farid Padang juga mengungkapkan pada tahun ini untuk petikemas semua pelabuhan yang akan ditingkatkan statusnya dari konvensional menjadi petikemas, serta akan disiapkan Container Crane (CC) dan RTG (Rubber Tyre Gantry).

Kemudian untuk lahan petikemas yang masih kurang semua kolam pelabuhan yang dibangun dengan sistim treatel di-redesign dengan reklamasi kolam.

Dengan demikian, setiap pelabuhan dapat menambah kapasitas 1.5 sampai 2 hektare, sehingga dapat menambah kapasitas CY (Container Yard) untuk penumpukan petikemas sampai dengan 90 ribu TEUs per 2 hektare. 

Dia menambahkan, untuk peningkatan pelayanan ekspor akan merperbanyak reefer container station intinya mulai tahun 2018 Pelindo IV mencanangkan tahun produktivitas maksimum sesuai kapasitas terpasang (hlz/hlz)


Komentar