Minggu, 24 Juni 2018 | 21:59 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Korporasi / Aksi Korporasi
Kamis, 25 Januari 2018 17:54

IPC Logistic Sosialisasikan Sistem Whistle Blowing & Gratifikasi

Ire Djafar
Sosialisasi Sistem WhistleBlowing dan Gratifikasi MTI (IPC Logistic/translogtoday)

JAKARTA -

PT Multi Terminal Indonesia/IPC Logistic melakukan sosialisasi Sistem WhistleBlowing dan Gratifikasi kepada jajaran pimpinan perusahaan. Upaya ini sebagai komitmen anak perusahaan Pelindo II itu terhadap penerapan good corporate govermance (GCG) di lingkungan kerja.

Materi sosialisasi disampaikan oleh konsultan Delloite selaku pihak yang mengolah Sistem Whistleblowing & Gratifikasi, didampingi oleh tim GCG Corporate Secretary PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).

Direktur Keuangan dan SDM MTI/IPC Logistic Miftahul Huda, yang juga penanggung jawab GCG MTI, mengatakan skor GCG perseroan pada 2018 perlu ditingkatkan lagi dari pencapaian tahun lallu sebesar 76,47%.

Dia berharap peningkatan tidak hanya pencapain skor, tetapi GCG juga harus diimplementasi dalam wujud nyata di lingkungan kerja perusahaan yang bergerak di bidang logistik ini,

"Ada beberapa hal yang perlu di erbaiki dalam implementasi GCG ini, salah satunya adalah pemahaman tentang WhistleBlowing dan Graifikasi,” kata Miftahul Huda saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi itu di Jakarta, Rabu (24/1).

Prinsip GCG

Menurut dia, perusahaan juga harus menjalankan prinsip-prinsip GCG seperti transparency (keterbukaan informasi), accountability (akuntabilitas), responsibilty (pertanggungjawaban), indepandency (kemandirian) dan fairness (kesetaraan dan kewajaran).

"Jika semua prinsip itu sudah diterapkan maka perusahaan akan lebih baik lagi dalam Tata Kelola Perusahaan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Komisaris MTI Toto Dirgantoro mengatakan sosialisasi GCG, WhistleBlowing dan Gratifikasi tersebut diperlukan perusahaan agar pelayanan semakin baik.

"Terkait dengan dugaan pelanggaran, pengaduan pelaporan kecurangan yang tercantum dalam sistem WBS kami harapkan setiap karyawan harus memiliki integritas tinggi dalam menyampaikan atau melaporkan setiap pelanggaran terhadap rekan atau atasan yang melakukan penyimpangan di perusahaan," tegasnya.

Sistem WhistleBlowing MTI mengacu kepada Pelindo II sebagai pelaporan jika terjadi dugaan tindakan kecurangan, korupsi, pencurian, pelanggaran kebijakan dan peraturan perusahaan, benturan kepentingan, penyuapan, penggelapan, penipuan dan pemerasan. 

Sistem ini bisa diakses melalui website www.ipcbersih.tipoffs.info ataupun melalui telepon atau SMS di nomor +6221 1500 969 dan +6281290060606.

(hlz/hlz)


Komentar