Selasa, 22 Mei 2018 | 17:13 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 01 Februari 2018 16:07

Terminal Petikemas Surabaya Siagakan Petugas Pandu 24 Jam

Ayu Puji Rahayu
(TPS)

SURABAYA - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) menyiagakan 16 petugas pandu selama 24 jam di dermaga mulai 1 Februari 2018, guna meningkatkan pelayanan dan menjamin keselamatan pelayaran di perairan Pelabuhan Tanjung Perak.

Peresmian layanan pandu siaga 24 jam tersebut digelar secara sederhana di gedung administrasi TPS, Kamis (1/2), ditandai dengan potong tumpeng secara simbolis.

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Teknik Kartiko Adi dan Direktur Operasional TPS Rodrigo Sanchez, sekaligus menyambut para pilot kapal pandu yang akan bertugas memberikan arahan peraturan yang harus dipatuhi nakhoda kapal di dermaga.

"Dengan adanya petugas pandu siaga di TPS ini diharapkan mempercepat pergerakan kedatangan dan keberangkatan kapal agar tidak terlalu terlambat dari target," ujar Ass. Manajer Public Relations TPS M. Solech di sela-sela acara peresmian.

Dia mengatakan, petugas pandu berperan penting untuk menyampaikan informasi kepada nakhoda tentang keadaan perairan setempat, agar navigasi pelayaran dapat dilaksanakan dengan selamat, tertib, dan lancar sehingga menjamin keselamatan pelayaran.

Adapun daftar jaga pandu di dermaga TPS terbagi dalam dua grup, yakni Grup A dan Grup B. Setiap grup bertugas jaga selama 24 jam, yaitu mulai pagi pukul 08.00 hingga 08.00 pada hari berikutnya.

Pada saat pergantian jaga, pelayanan pemanduan tetap berlangsung sehingga pelayanan tetap dilanjutkan sampai dengan pelayanan pemanduan selesai dengan maksimal jam jaga sampai pukul 12.00 WIB hari berikutnya.

"Kami akan selalu meningkatkan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa, utamanya pelayanan pemanduan dan penundaan kapal yang akan masuk ke dermaga PT Terminal Petikemas Surabaya," kata Direktur Teknik TPS Kartiko Adi.

Sebagai informasi, ungkap Solech, TPS menargetkan total bongkar muat petikemas pada tahun ini sebesar 1.381.547 TEUs, yang terdiri dari 1.302.624 TEUs petikemas internasional dan 78.923 TEUs petikemas domestik.

"Dengan peningkatan fasilitas dan kapasitas layanan, termasuk pandu 24 jam ini, manajemen TPS yakin target tersebut bisa dicapai," ujarnya. (hlz/hlz)


Komentar