Rabu, 15 Agustus 2018 | 20:27 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Bandara
Minggu, 04 Februari 2018 04:41

Landasan Pacu Ketiga Bandara Soekarno-Hatta Dibangun Mulai Juni

Translog Today

TANGERANG -

Pembangunan landasan pacu ketiga Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ditargetkan dimulai Juni tahun ini setelah pembebasan lahan selesai pada April mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, saat ini pembangunan taxi way pesawat sudah selesai dan sedang diupayakan pembebasan lahan untuk landasan pacu itu.

"Pembebasan lahan diharapkan selesai April, sehingga mulai Juni sudah bisa dibangun landas pacu ketiga sepanjang 3.000 meter," kata Menhub di Tangerang, Banten, Sabtu (3/2).

Menhub mengatakan peningkatan kapasitas Bandara Soekarno-Hatta dinilai penting karena merupakan pintu gerbang masuk ke Jakarta.

"Penambahan landas pacu juga memiliki banyak keuntungan. Selain pergerakan pesawat bisa lebih tinggi, dari sisi perawatan juga lebih mudah dan optimal," kata Budi seusai rapat peningkatan pelayanan dan keselamatan bandara di Tangerang, Bali, dan Papua.

Saat ini, tutur Menhub, perawatan landas pacu dikerjakan sambil digunakan untuk kedatangan dan keberangkatan pesawat. Namun, setelah landas pacu ketiga selesai maka hanya dua yang digunakan optimal, sementara satunya lagi bisa dirawat secara optimal juga.

Mengenai kondisi bandara di Papua, Menhub mengungkapkan dari total 500 bandara di wilayah itu, yang berkapasitas cukup memadai hanya sekitar 200 bandara.

Menurut dia, sebagian besar bandara di Papua belum menggunakan alat canggih sehingga penerbangan masih mengandalkan kemampuan visual.