Selasa, 16 Oktober 2018 | 09:32 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Rabu, 07 Februari 2018 21:13

Pelindo III Segera Bangun Terminal LPG di Pelabuhan Trisakti Baru

Translog Today

BANJARMASIN - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) segera membangun terminal liquid petroleum gas (LPG) di Pelabuhan Trisakti Baru di Basirih, Mantuil, guna memudahkan industri dan masyarakat mendapatkan pasokan bahan bakar itu.

GM Pelindo III Banjarmsin Recky Julius Uruilal mengatakan pembangunan terminal LPG tersebut sebagai salah satu rencana pengembangan Pelabuhan Trisakti Baru.

"Rencana pembangunan terminal LPG sudah kami koordinasikan dengan seluruh pihak terkait, termasuk Pemkot Banjarmasin dan Pemprov Kalimantan Selatan," katanya, Rabu (7/2).

Pembangunan terminal itu diharapkan mampu mendukung pasokan gas untuk perusahaan besar, industri kecil, dan masyarakat.

Menurut Recky, pembangunan terminal LPG merupakan salah satu dari berbagai program pengembangan Pelabuhan Trisakti Baru di lahan pemerintah daerah seluas 400 hektare.

"Kami akan berkolaborasi untuk melaksanakan pembangunan ini," katanya, sambil menambahkan studi kelayakan proyek masih diproses.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai kesepakatan dengan Pelindo III dan pihak terkait untuk mengembangkan Pelabuhan Trisakti Baru.

"Intinya, lahan sudah siap karena ada bangunan eks perusahaan kayu yang tidak terpakai," katanya.

Rencananya, lokasi akan dikembangkan sebagai kawasan terpadu, baik untuk kawasan industri, pergudangan dan berbagai program tematik dari Pelindo, seperti terminal LPG dan kontainer.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, tambah dia, pihaknya telah melakukan survei ke beberapa pelabuhan yang telah melaksanakan sistem tersebut, seperti Teluk Lamong Surabaya.

"Rencananya, bulan depan akan ada dua investor yang akan masuk, baik dari dalam negeri maupun luar negeri," ungkap Wali Kota.
(hlz/hlz)


Komentar