Selasa, 19 Juni 2018 | 05:42 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 01 Maret 2018 15:48

Pelindo III Terapkan Aplikasi Home Terminal di Seluruh Terminal Tanjung Perak

Ayu Puji
Sosialisasi Home Terminal kepada pengguna jasa Tg Perak. (Pelindo III)

SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mulai memfungsikan aplikasi online Home Terminal di seluruh terminal Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, setelah sukses diterapkan di Terminal Petikemas (TPS) dan Terminal Teluk Lamong (TTL).

"Pada tahap awal, Home Terminal hanya digunakan di TPS dan TTL. Tahap berikutnya atau mulai Maret 2018, aplikasi ini akan diimplementasi di seluruh terminal di Tanjung Perak," ungkap CEO Regional Jawa Timur Pelindo III Onny Djayus saat sosialisasi Home Terminal kepada pengguna jasa di Surabaya, Kamis (1/3).

Aplikasi Home Terminal dikembangkan oleh Pelindo III guna mempercepat dan mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhanan dengan memanfaatkan teknologi daring (online).

"Sedikitnya 50 perusahaan dari pelaku usaha yang berbeda seperti perusahaan dan agen pelayaran, cargo owner, perusahaan bongkar muat (PBM), freight forwarder, organda, pengelola depo dan ekspedisi muatan kapal laut (EMKL) telah mendapatkan sosialisasi aplikasi ini," kata Onny.

Menurut dia, Pelindo III sebagai operator pelabuhan perlu mengenalkan aplikasi ini kepada pelanggan karena terintegrasi dengan sistem operasi terminal.

Aplikasi tersebut memiliki empat fitur layanan, yaitu vessel service, port activities, logistic dan container management. Keempat fitur ini memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya secara real-time.

Untuk tahap awal, Home Terminal hanya dapat digunakan untuk menyediakan pelayanan kapal yang meliputi pemanduan, penundaan, penyandaran kapal, pengisian bahan bakar, pengisian air bersih, jasa tambat, port clearance, penampungan limbah, daya kelistrikan dan crew transfer.

"Dengan penggunaaan aplikasi ini, kami berharap layanan di pelabuhan akan jauh lebih baik dan lebih cepat," ujar Onny.

Commercial and Operational Director Pelindo III Mohammad Iqbal mengungkapkan, pada tahap selanjutnya, yakni mulai April, aplikasi itu akan melayani logistik sampai ke depo peti kemas dan container management.

"Aplikasi ini memang diimplementasikan secara bertahap mulai 1 Februari 2018 untuk vessel services di TPS dan TTL. Mulai Maret diperluas ke layanan terminal (port services) di seluruh terminal di Tanjung Perak. Pada April, penerapannya sudah meningkat hingga layanan logistik sampai ke depo petikemas, dan tahap selanjutnya yakni container management," ujarnya. (hlz/hlz)


Komentar