Minggu, 23 September 2018 | 06:06 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Selasa, 13 Maret 2018 14:38

NPCT1 Sukses Catat Throughput 1 Juta TEUs

Translog Today
(NPCT 1)

JAKARTA -

New Priok Container Terminal (NPCT) 1 berhasil mencatat throughput 1 juta TEUs hanya dalam waktu 1,5 tahun sejak terminal itu beroperasional secara komersial pada Agustus 2016.

Pencapaian NPCT1 mendapat apresiasi dari Kementerian Perhubungan karena menunjukkan produktivitas terminal dan pelayanan kepada pengguna jasa angkutan laut.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Junaidi mengatakan pencapaian throughput 1 juta TEUs ini didukung oleh kesiapan operasional terminal petikemas, baik dari sisi infrastruktur, suprastruktur maupun sistem informasi, termasujk sinkronisasi proses pelayanan antara terminal dan instansi terkait.

“NPCT1 perlu terus meningkatkan level of service guna memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dan mempelancar arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian negara," kata Junaidi, Selasa (13/3).

Junadi mewakili Dirjen Perhubungan Laut menghadiri acara pencapaian 1 juta TEUs di NPCT1 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Senin (12/3). Acara itu juga diikuti oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Arif Toha, jajaran Direksi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), dan perwakilan asosiasi di sektor transportasi laut.

Menurut Junadi, kecepatan pelayanan serta fasilitas seperti dermaga dan peralatan bongkar muat yang mendukung dapat meningkatkan produktivitas yang harus dipertahankan agar Pelabuhan Tanjung Priok menjadi kompetitif menuju kelas dunia.

Dia menilai NPCT1 juga telah membuktikan implementasi keamanan di terminal sesuai International Ship and Port Facilities Security (ISPS) Code dengan baik. “Terminal ini diharapkan terus memperhatikan aspek keselamatan kapal termasuk sistem pemuatan kontainer dan aspek stabilitas kapal,” ujarnya.

Apresiasi juga disampaikan Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Arif Toha kepada NPCT1 yang berhasil meraih 1 juta TEUs di usia yang relatif muda.

"NPCT1 baru sebentar beroperasi. Dalam usianya yang masih mudah, NPCT1 sudah mencapai 1 juta TEUs dari kapasitas 1,5 juta TEUs. Ini merupakan pencapaian yang sangat signifikan," kata Arif.

Arif juga mengapresiasi NPCT1 dapat mewujudkan zero accident sejak beroperasi hingga 2,7 juta jam operasi sampai saat ini.

“Prestasi pelayanan yang sudah baik ini agar dipertahankan, jika perlu service dipercepat, lebih efisien lagi, sehingga biaya bisa lebih murah,” ujar Arif.   &n (hlz/hlz)


Komentar