Kamis, 16 Agustus 2018 | 09:15 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelayaran
Selasa, 27 Maret 2018 21:21

Perusahaan Pelayaran Didorong Kembangkan Layanan Berbasis Online

Ire Djafar
(spil.co.id)

JAKARTA -

Perusahaan pelayaran nasional didorong mengembangkan layanan berbasis online untuk pengiriman barang ataupun petikemas guna memperkuat daya saing dan pelayanan kepada pelanggan.

Sekjen DPP Indonesia National Shipowners Association (INSA) Budi Halim mengatakan, pihaknya terus mendorong anggota agar meningkatkan daya saing usaha, antara lain dengan membangun layanan berbasis online.

“Di era digitalisasi saat ini, sudah saatnya layanan berbasis online diimplementasikan. Apalagi persaingan semakin ketat," ujarnya dalam diskusi dengan Forum Wartawan Maritim di Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (27/3/2018).

Budi mengapresiasi sudah ada perusahaan pelayaran nasional yang mengimplementasikan layanan online, yakni PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL), untuk pengiriman petikemas.

"Kami apresiasi hal itu, harapannya pelayaran nasional yang lain bisa menerapkan layanan online tersebut," tuturnya.

Dia mengatakan, perusahaan pelayaran nasional saat ini harus lebih kreatif dan mengembangkan inovasi layanan agar bisa bersaing di tingkat global.

"Jangan sampai layanan pelayaran berbasis online justru dikuasai pihak-pihak yang tidak ada kaitannya dengan aktivitas shipping, atau dikuasai BUMN tertentu di sektor ini," ungkap Budi.

PT SPIL, salah satu perusahaan pelayaran nasional terbesar di Indonesia, pada Selasa (27/3/2018), meluncurkan aplikasi pengiriman petikemas secara online pertama di Indonesia dengan nama mySPIL.

(hlz/hlz)


Komentar