Selasa, 16 Oktober 2018 | 20:10 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Galangan Kapal
Rabu, 04 April 2018 10:06

Perkuat Sinergi, Dirut DKB Beri Pembekalan Perwira di Seskoad

Translog Today
(DKB)

JAKARTA -

PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (DKB), salah satu BUMN galangan kapal terbesar di Indonesia, memperkuat sinergi dengan instansi dan pemangku kepentingan terkait.

Sinergi itu merupakan upaya DKB Group untuk meniongkatkan reputasi dan mengembalikan nama besar perseroan agar mampu bersaing di bisnis galangan kapal, baik di tingkat lokal maupun global.

Sejalan dengan upaya sinergi itu, Direktur Utama DKB Wahyu Suparyono memberikan pembekalan kepada 267 peserta Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Bandung pada 28 Maret lalu.

Pada pembekalan kepada perwira menengah TNI AD tersebut, Wahyu menjelaskan peran BUMN industri strategis, sekaligus mempromosikan DKB sebagai galangan terbesar milik negara.

Hingga saat ini, tuturnya, DKB telah banyak mengerjakan pesanan pembuatan dan perawatan kapal milik TNI AL dan TNI AD, serta pelanggan lainnya baik dari BUMN maupun swasta.

“Bahkab, pada tahun ini DKB akan mengirimkan kapal Angkut Tank (AT) pesanan Kementerian Pertahanan untuk memperkuat armada TNI AL,” kata Dirut DKB yang dikenal aktif menjadi narasumber dan dosen luar biasa di berbagai perguruan tinggi.

Dukungan Airin Logistic  

Upaya DKB Group tersebut mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk dari PT Air & Marine Supply (Airin Logistic), salah satu anak perusahaan BUMN itu.

Dirut Airin Logistic Rudolf Valentino Bey mengungkapkan, pihaknya siap mendukung penuh upaya perusahaan induknya menjalin sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan.

"Kami sangat mengapresiasi program DKB Group yang mempromosikan perseroan sebagai BUMN galangan kapal terbesar bersama dengan anak. Semoga upaya ini bisa memberikan yang terbaik bagi DKB Group," ujarnya, Rabu (4/4/2018).

Dia mengatakan program sinergi antar-BUMN juga sudah dilakukan oleh Airin yang bergerak di bidang logistic-shipping-chemical-engineering.

Belum lama ini, tutur Rudolf, Airin menggandeng PT Perusahaan Listrik Nasional (PLN) Batam dalam kerja sama jasa kepelabuhanan untuk bongkar muat compressed natural gas (CNG) bagi pembangkit listrik tenaga mesin gas di Kabil, Batam.

Kerja sama itu meliputi pemanfaatan lahan seluas 6 ha di Batam untuk fasilitas pusat logistk, sekaligus mendukung kelancaran operasional pembangkit listrik berbahan gas milik PLN Batam.

"Selama ini seringkali terjadi pemadaman listrik di wilayah itu. Dengan kerja sama ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat," ujar Rudolf.

Pada tahun lalu, tuturnya, Airin Logistic sudah bekerja sama dengan PT Semen Padang dalam pengelolaan terminal khusus (tersus) di Bandar Lampung.

Airin Logistic juga merupakan pemegang izin badan usaha pelabuhan (BUP) yang bergerak di bidang usaha jasa kepelabuhanan dan jasa terkait lainnya, termasuk pergudangan ekspor impor.

(hlz/hlz)


Komentar